Liburan Senang – Senang dan Dapat Uang? Ssst…Ini Rahasianya, Cuma Perlu Kamera!

Selama ini, liburan itu selalu identik dengan hura  -hura dan menghabiskan duit. Padahal, sekarang ini sebenarnya kamu bisa lho, pergi berlibur dan bersenang-senang tapi tetap dapat duit. Modalnya pun tak terlalu banyak, cukup kamera (baik itu ponsel ataupun kamera beneran), internet, dan juga punya presence di media sosial. Nggak percaya? Simak dulu pembahasannya di bawah ini!

Kesempatan Tampil di TV

Sekarang ini acara – acara di televisi yang isinya tentang pengalaman liburan, petualangan, ataupun pengalaman – pengalaman yang nggak biasa banyak ditayangkan. Lebih asyiknya lagi, biasanya acara – acara ini juga punya segmen di mana penonton maupun masyarakat luas untuk mengirimkan video berisi dokumentasi liburan mereka. Nah, dari sinilah kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan duit. Jumlahnya lumayan lho, dan selain itu, kamu juga bisa dapat kesempatan untuk tampil di stasiun Televisi. Siapa tahu, kamu bakal dilirik stasiun lain untuk program serupa. Siapa tahu, kan?

Cara Supaya Video Ditayangkan di TV

Tapi tentu saja tak semudah itu untuk membuat video hasil rekamanmu langsung tampil begitu saja di TV. Ingat ya, sainganmu juga banyak dan mereka pun punya pengalaman liburan yang tak kalah serunya dengan kamu. Jadi kalau kamu mau supaya videomu bisa tayang di TV, perhatikan ini dulu:

1. Kenali dulu stasiun TV-nya
Lihat dulu stasiun mana saja yang menyiarkan program – program kayak begini. Kan rugi banget kalau begitu kamu kirim, ternyata di stasiunnya tidak ada program semacam ini. Selain itu, memeriksa stasiunnya juga ngasih kamu kesempatan untuk tahu segmen dari audience acara itu sendiri.

2. Siapkan Portofolio
Seperti yang sudah disebutkan di atas, orang – orang di balik stasiun TV juga nggak bakal sembarangan memilih. Setidaknya, mereka pasti akan mencari video dari orang – orang yang punya presence besar di media sosial, atau yang videonya mempunyai kualitas bagus. Di sini nih, kamu yang sering unggah video dan punya followers banyak di media sosial bisa lebih unggul dari sainganmu.

3. Video yang memiliki konsep
Kalau kamu berniat untuk mengirimkan video liburan atau perjalananmu ke TV, berpikirlah pula seperti orang-orang yang bekerja di bidang komunikasi tersebut. Itu berarti, video yang kamu kirimkan juga bukan video yang sembarang saja direkam. Ketika kamu menonton acara di TV, pasti akan ada pembuka kemudian flow yang berlanjut menuju klimaks, lalu ada downtime sebentar, baru kemudian finale. Babak – babak demikian yang harus bisa kamu rangkai di dalam videomu. Jadi tak masalah jika kamu mengedit video sehingga flow lebih baik, enak ditonton, dan terlihat lebih profesional.

4. Tonjolkan sisi humanisme
Ada satu hal yang biasanya akan membuat orang – orang betah menonton suatu acara, yaitu ketika ada sisi humanisme di dalamnya. Ini yang bakal membuat videomu lebih dipilih dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu ketika kamu mampu menangkap situasi sosial, tentang cerita manusia – manusia yang ada di dalamnya dengan baik. Kamu tak perlu terpaku pada hura – hura atau kegembiraan karena yang namanya kesedihan dan perjuangan adalah bagian dari hidup manusia juga.

5. Sesuatu yang unik
Tentu saja, kamu juga tak perlu selalu mencari hal – hal yang bikin mewek dan serba drama. Rekaman tentang cerita yang menginspirasi, yang unik dan aneh, serta tak bisa ditemukan di tempat lain juga menjadi suatu yang akan membuat videomu ditayangkan.

Jadi itulah caranya supaya hobimu merekam dan mendokumentasikan setiap perjalanan bisa menghasilkan. Dengan cara ini juga, liburanmu bakal tambah bermakna, karena kamu jadi nggak mau melewatkan satu pun momen yang penting.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.