Pulau Gili Ketapang, Keindahan Pulau Diantara Pulau Jawa dan Pulau Madura

Diantara Pulau Jawa dan Madura terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Gili Ketapang. Pulau ini letaknya berada di tengah laut dan jaraknya sekitar 5 Mil dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Nah, jika kamu ingin berkunjung ke pulau tersebut disarankan untuk menggunakan kapal motor kecil karena belum adanya jembatan penghubung menuju pulau tersebut dan minimnya transportasi laut.

Suasana di Pulau Gili Ketapang

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini pun masih terbilang sangat sedikit karena lokasinya yang sulit dijangkau, ditambah juga minimnya transportasi untuk menuju ke pulau tersebut. Meskipun sepi pengunjung, namun pulau tersebut di huni oleh penduduk yang mayoritasnya adalah keturunan Madura. Sebagian besar penduduk disana berprofesi sebagai nelayan. Keindahan alam yang disuguhkan di pulau ini pun sangat mempesona dan tak kalah indahnya dengan pulau – pulau lainnya yang ada di Indonesia. Hamparan pasir putih yang luas, dibalut dengan birunya air laut serta ombak pantai yang cukup tenang membuat kamu betah untuk berlama – lama di pulau tersebut.

Pulau Gili Ketapang terlihat indah tampak dari udara. Kondisi pulau ini masih perawan dan pemandangan alam disekitar pulau ini sangat indah. Disebelah timur dan selatan pesisir pulau banyak betebaran pasir putih, demikian pula lautnya bebas dari pencemaran dan nampak kebiru – biruan, jika tidak lagi musim angin lautnya tenang, pengunjung bisa berenang bebas sambil melihat dasar laut yang ditumbuhi bunga – bunga karang yang indah berwarna – warni.

Asal Usul Pulau Gili Ketapang

Kepercayaan masyarakat setempat tentang asal – usul nama Gili – Ketapang, bahwa pulau ini mempunyai kekuatan ghaib yang bergerak lamban ke tengah laut. Semula pulau ini menjadi satu dengan daratan desa Ketapang kecamatan Sumberasih. Ketika Gunung Semeru meletus terjadilah gempa bumi yang sangat dahsyat sehingga sebagian daratan desa ketapang terpisah ketengah sejauh 5 mil dari Kota Probolinggo. Sebagian daratan menjadi sebuah pulau yang bergerak. Oleh sebab itu masyarakat setempat menyebut pulau tersebut dengan nama “Gili Ketapang” yang berasal dari bahasa Madura yang dimana Gili memiliki arti mengalir dan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut.

Lokasi Pulau Gili Ketapang

Gili Ketapang merupakan sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura tepatnya di 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Pulau tersebut dihubungkan dengan Pulau Jawa dengan perahu motor melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.