Keindahan Alam di Ketinggian 2.565 Mdpl, Gunung Prau

Bagi para pendaki gunung rasanya sudah tak asing lagi dengan salah satu gunung yang berada di Jawa Tengah ini yaitu Gunung Prau. Gunung ini selalu menjadi incaran pendaki saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung Prau ini lokasinya berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo. Gunung Prau ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 Mdpl dengan jalur pendakian yang relatif mudah dan cukup jelas bagi para pendaki serta view yang istimewa menjadikan Gunung Prau menjadi gunung favorit bagi para pendaki saat ini. Untuk mendaki Puncak Gunung Prau, pendaki hanya membutuhkan sekitar 3-4 jam trekking. Ada 2 jalur pendakian yang menjadi favorit para pendaki yaitu melalui jalur Dieng ataupun Patakbanteng. Jalur pendakan Via Dieng cenderung lebih santai dan tidak berbahaya jika dibandingkan dengan jalur Patak Banteng yang jalurnya cukup terjal meskipun waktu tempuhnya lebih singkat.

Dari puncak Gunung Prau pendaki dapat menikmati pemandangan serba cantik di antaranya hamparan keindahan bukit teletubbies dan bunga yang sangat menawan. Tak hanya itu, kita juga dapat menyaksikan keindahan jajaran Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, dan Slamet. Puncak Gunung Prau sering dijadikan tempat untuk hunting spot Golden Sunrise yang terbukti spektakuler. Gunung Prau dapat menjadi destinasi utama kalian untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian. Pendaki akan dibuat jatuh hati melihat Telaga Warna Dieng dari ketinggian, hamparan bunga dan bukit Teletubiesnya. Selain itu juga ada hal – hal menarik lainnya yang bisa kamu temukan ketika mendaki Gunung Prau ini. Diantaranya adalah:

1. Tempat Terbaik Melihat Sunrise

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ketika mendaki Gunung Prau adalah melihat sunrise dan salah satu spot untuk melihat sunrise di Dieng adalah Puncak Sikunir. Letak puncak ini terletak tidak jauh dari pusat desa Dieng, hanya berjarak sekitar 10 menit menggunakan kendaraan. Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu dataran tinggi yang menyuguhkan pemandangan golden sunrise terbaik di Indonesia. Jika ingin melihat keindahan sunrise nya, kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari jam 2 atau jam 3 dinihari karena biasanya sekitar pukul 3 atau 4 dinihari puncak Gunung Prau akan dipenuhi para pendaki untuk melihat fenomena golden sunrise ini. Bahkan kegiatan ini merupakan menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika mendaki Gunung Prau.

2. Ramah Bagi Pendaki Pemula

Untuk para pendaki pemula, Gunung Prau ini sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk mendaki karena mengingat ketinggiannya di 2.565 Mdpl sehingga relatif tidak terlalu tinggi untuk di daki. Medan yang akan di lalui pun tidak seberat ketika mendaki Gunung Merbabu atau Gunung Merapi. Salah satu pemandu gunung profesional menuturkan jika Gunung Prau memiliki keindahan alam yang mempesona serta akses pendakian pun cukup mudah sehingga gunung ini selalu ramai dikunjungi. Untuk mencapai ke puncak gunung, kamu membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam saja.

3. Banyak Pilihan Pos Basecamp

Pos basecamp merupakan pos awal seorang pendaki memulai perjalanan menuju puncak gunung dan tempat akhir pula ketika turun dari gunung. Selain itu, pos basecamp juga digunakan untuk tempat pendaftaran dan tempat mengurus izin untuk naik gunung. Gunung Prau sendiri memiliki total enam basecamp yang dibuka untuk umum antara lain Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo dan Desa Wates. Basecamp Patak Banteng merupakan yang paling populer diantara lima basecamp lainnya.

4. Memiliki Panorama yang Indah

Saat cuaca sedang cerah maka kamu bisa melihat keindahan alam lainnya selain golden sunrise yaitu di bagian timur kamu bisa melihat lima gunung sekaligus yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Tak hanya itu saja, Gunung Prau juga dikenal dengan bukit Teletubbies karena bentuknya yang berundak – undak. Hal ini membuat gunung ini tampak spesial dengan pemandangan yang khas.

5. Banyak Terdapat Bunga Daisy

Bukan Edelweis yang bisa kamu temukan di kawasan Gunung Prau melainkan Bunga Daisy. Dalam perjalanan menuju puncak, setiap pendaki akan melewati sebuah taman bunga Daisy. Jika datang dan mendaki Puncak Gunung Prau Dieng pada musim kemarau, setiap pendaki akan disajikan keelokan bunga bunga yang cantik bermekaran dan penuh warna. Bunga Daisy ini disebut oleh warga Dieng dengan nama kembang lonte sore.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.