Pulau Anambas, Pulau Tropis Terindah di Asia yang Letaknya di Indonesia Bagian Barat

Sudah pernah mendengar Pulau Anambas sebelumnya? Ya, Pulau Anambas merupakan destinasi wisata bahari di Indonesia bagian barat yang wajib dikunjungi. Selain karena alamnya yang masih sangat asri, Pulau Tropis yang satu ini memang patut untuk diidolakan. Apalagi jika kini Anambas kian populer dengan keindahan bawah lautnya dan wajib untuk kamu kunjungi. Tak diragukan lagi jika pulau yang termasuk ke dalam wilayah administratif Provinsi Kepulauan Riau ini memang memiliki keeksotisan yang luar biasa. Bahkan pada tahun 2012 lalu salah satu portal berita Internasional mengangkat Anambas sebagai peringkat satu dalam daftar pulau tropis paling indah se – Asia.

Ibukota dari Kepulauan Anambas adalah Tarempa. Di tempat tersebut banyak sekali keindahan alam berupa pantai – pantai cantik yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berlibur. Pulau Anambas ini terletak di Laut China Selatan pada bagian paling barat Indonesia. Pulau Anambas juga merupakan pulau yang terbentuk dari pecahan Kabupaten Kepulauan Natuna. Anambas sendiri merupakan kepulauan dengan gugusan pulau – pulau yang semakin banyak. Sekitar ada 255 pulau yang termasuk ke dalam Kepulauan Anambas. Dari 255 pulau tersebut hanya ada 26 pulau saja yang dijadikan sebagai pemukiman penduduk dan sekitar 229 pulau tidak berpenghuni.

Banyak yang bilang jika Raja Ampat adalah primadona wisata bahari di Indonesia bagian timur. Nah jika Anambas ini adalah saingannya yang terletak di Indonesia bagian barat bahkan disebut – sebut jika keindahannya mampu mengalahkan kecantikan pantai – pantai di Maldives. Semenjak Pulau Anambas terkenal namanya karena mulai terekspose di banyak media dan para wisatawan mulai berdatangan mengunjungi pulau ini karena penasaran akan keindahannya. Keindahan Pulau Anambas mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta snorkeling. Biota bawah laut yang ada di sekitar kepulauan Anambas sudah sangat terkenal keindahannya bahkan sampai ke penjuru mancanegara. Nah, jika kamu penasaran dengan keindahan Pulau Anambas. Simak ulasan berikut ini yuk!

1. Tarempa

Meskipun dianggap sebagai daerah di Indonesia dengan biaya hidup termahal karena lokasinya yang terpencil, Tarempa yang berada di Pulau Siantan ini memiliki keindahan pantai – pantai yang sangat mempesona. Jika  ingin berkunjung ke Tarempa bisa menggunakan kapal ferry yang berangkat dari Tanjung Pinang dan beroperasi setiap hari selasa dan kamis.  Dengan kapal ber – AC ini, kamu akan menikmati perjalanan selama 10 jam. Namun jika sudah sampai siap – siap terisolir yah, karena di pulau ini kamu baru bisa mendapatkan sinyal saat tengah malam.

2. Pulau Penjalin

Pulau Penjalin merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura, dan Vietnam ini adalah salah satu yang terindah di Anambas. Keelokan panoramanya bakal bikin kamu melongo takjub. Pemandangan pantai yang dihiasi dengan puluhan pulau kecil dan pasir putih halus bisa dinikmati dengan sampan, berenang atau snorkeling. Salah satu pantai terkeren di Pulau Penjalin adalah Tanjung Momong yang merupakan pantai pasir putih yang membentang sepanjang satu kilometer dan terkenal karena keindahan sunset nya. Untuk menuju Pulau Penjalin maka kamu bisa menggunakan speedboat dari Kota Tarempa dengan waktu tempuh selama 90 menit.

3. Pulau Bawah

Pulau Bawah merupakan sekelompok dari gugusan pulau-pulau indah yang terletak di ujung selatan dari Kepulauan Anambas , atau sekitar 150 mil laut Timur jika dari Singapura . Pulau utama ini memliki cukup luas yakni seluas 66 hektar dan pulau utama tersebut dikelilingi oleh empat pulau – pulau kecil dan beberapa pulau kecil lainnya yang memiliki luas kurang lebih 101 hektar secara total. Pulau-pulau di sekitar nya juga masih ada yang tidak berpenghuni yaitu sekitar 30 mil jaraknya dari pulau utama.

Selain memiliki pemandangan yang sangatlah cantik , gugusan Pulau Bawah ini memiliki keindahan lain yang juga sangatlah menarik dan sayang sekali untuk di lewatkan yakni keberadaan sebuah danau kecil atau juga sering disebut dengan laguna yang ada di laut dangkal yang juga dikelilingi oleh beting karang . Laguna itu sendiri sebenarnya adalah semacam danau air laut yang terpisah dari luasnya lautan lepas karena bentang alam yang membentuknya secara alami. Menuju Pulau Bawah, kamu bisa melakukan perjalanan dengan perahu bermotor atau biasa disebut pompong yang memakan waktu 7 jam.

Share this:

Leave a comment