Kelezatan Pempek Hitam

Pempek merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang sangat terkenal di Pulau Jawa dan terbuat dari ikan dan sagu. Biasanya pempek disajikan dengan menggunakan saus yang berwarna hitam kecokelatan yang disebut dengan cuka atau cuko. Kuah nya tersebut terbuat dari air yang didihkan lalu ditambahkan dengan gula merah, cabai rawit tumbuk bawang putih, asam jawa, ebi dan garam. Jenis pempek yang sudah sangat terkenal adalah Kapal Selam, yang dimana adonan pempek yang di dalam nya diisi dengan telur ayam.

Selain kapal selam ada juga pempek jenis lainnya yang bisa kamu temukan di Palembang mulai dari pempek lenjer, pempek keriting, pempek kulit, pempek panggang, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu jika baru – baru ini muncul pempek jenis baru yang dapat memanjakan lidah para penikmatnya yaitu Pempek Hitam. Sepintas pempek tersebut tak ada bedanya dengan pempek pada umumnya, bahan dasar yang digunakan pun sama persis dengan pempek lainnya yaitu menggunakan ikan.

Hanya saja ikan yang digunakan untuk membuat pempek hitam bukan ikan sembarangan. Ikan yang digunakan adalah Ikan Tenggiri Merah sebagai bahan campuran untuk membuat Pempek Hitam. Salah satu warung pempek yang menyediakan menu pempek hitam ini adalah Kedai Pempek Sulthan yang berada di Jalan Pangeran Ratu, Jakabaring, Palembang. Pemilik kedai tersebut menuturkan jika pempek hitam yang ditawarkan menggunakan Ikan Tenggiri Merah sebagai salah satu bahan dasarnya. Saat adonan diuleni maka dengan sendirinya warna adonan tersebut berubah warna menjadi kehitaman.

Pempek Hitam ini juga tak hanya dibuat dalam satu jenis saja, namun ada juga jenis lainnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan yaitu pempek telur hitam, pempek adaan, pempek rudal hitam, dan lain sebagainya. Memiliki warna yang unik dan berbeda dari pempek pada umumnya membuat kedai Pempek Sulthan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat karena penasaran dengan pempek hitam tersebut.

Tanggapan masyarakat sangat positif dengan hadirnya pempek hitam ini, selain rasanya yang nikmat harga nya pun cukup terjangkau dan ramah di kantong yaitu mulai dari Rp. 2 ribu. “Ikannya juga lebih terasa. Jadi banyak juga pelanggan memesan pempek hitam ini. Harganya juga lebih murah dibandingkan pempek putih,” jelas dia. Kehadiran pempek hitam ini pun perlahan tapi pasti mendapatkan tempat di hati para penikmat pempek. Hingga kini penggemar pempek hitam sudah tersebar di berbagai daerah hingga Papua.

Share this:

Leave a comment