Menikmati Udara yang Segar Dibawah Naungan Pohon Kenari

Buat kamu yang merasa sedikit malas untuk berwisata ketika hari libur tiba, cukup isi hari liburan kamu dengan datang ke beberapa kawasan seperti taman kota saja mungkin sudah cukup mengisi waktu liburan kamu. Tentunya tak banyak hal baru yang akan kamu dapatkan selama disana. Salah satu kawasan yang menarik ketika kamu berkunjung ke kota Mataram adalah sebuah pohon kenari yang sudah tua dan berada di pusat kota Mataram.

Di sepanjang jalan kamu bisa melihat pohon kenari dan pohon Mahoni. Berbeda dengan kota Mataram jika pada umumnya kota – kota lain tak akan menanam 2 jenis pohon tersebut, maka kota Mataram menanam pohon tersebut ditengah perkotaan. Dengan adanya 2 jenis pohon ini menjadikan tanda seberapa tua usia dari kota tersebut. Sepanjang kamu menelusuri jalanan tersebut pastinya cukup mudah untuk menemukan pohon-pohon tua yang berfungsi sebagai tempat berteduh di kala cuaca sangat panas hingga hujan lebat.

Kedua jenis pohon tersebut dijadikan sebagai paru – paru kota Mataram dan memiliki cerita sejarah tentang kota Mataram. Dulunya pada tahun 90an, di kota ini masih sering dijumpai pohon seperti asam maupun mangga. Tapi seiring berjalannya waktu pohon – pohon tersebut tidak memiliki ketahanan dari batangnya sehingga banyak yang mulai melakukan penebangan dan mengganti dengan pohon kenari dan pohon mahoni. Pohon tersebut dipilih karena memiliki ketahanan batang yang sangat kuat dan tidak mudah rapuh untuk beberapa tahun kemudian. Kota Mataram terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, kota ini sebenarnya memiliki pesona wisata alam yang sangat memukau apalagi kota ini tidak terlalu jauh dari Pulau Lombok.

Beragam wisata pantai di berbagai daerah lain umumnya dibanderol dengan tarif tertentu, berbeda dengan kawasan pantai disini yang tidak memungut tarif tertentu. Tapi untuk kamu yang malas melakukan perjalanan terlalu lama dan jauh maka tak ada salahnya jika kamu hanya berjalan – jalan keliling kota saja. Kawasan wilayah kota yang disini sangat berbeda dengan kota – kota lainnya, padahal Mataram sendiri bukan termasuk kota metropolitan yang ada di Indonesia sehingga disini kamu masih bisa menemukan jalanan yang masih sejuk dan memiliki pemandangan yang indah.

Tata ruang yang diterapkan oleh landscaper yang ada di kota Mataram memang secara khusus terkait dengan penggunaan pohon-pohon kenari, kekuatannya bagus dan memberikan nuansa berbeda. Jadi bagi kamu yang berkunjung ke kota ini, tak ada salahnya jika menyempatkan diri dalam berjalan-jalan mengelilingi kota dan membuktikan keberadaan rimbunan dari pohon kenari tersebut, suasana adem dan tenang meskipun itu di siang hari bolong, mungkin hanya beberapa kendaraan yang akan berlalu lalang pada jalanan Mataram ini.

Bagi yang sudah puas mengelilingi kota Mataram mungkin bisa sedikit menepi di warung – warung yang ada disekitarnya untuk mencoba masakan khas kota Mataram. Untuk mengenai harga, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya tawaran harganya sendiri relatif murah dan terjangkau. Rasanya cukup lengkap ketika menikmati masakan khas Mataram ditambah dengan segelas es teh yang tentunya akan menyegarkan dahaga Anda. Jadi tidak hanya menyaksikan keindahan kota Mataram saja dengan balutan pohon kenari di sepanjang jalan tapi kamu juga bisa menikmati kuliner khas Mataram.

Di pusat kota Mataram sendiri sebenarnya masih banyak tawaran wisata seperti wisata seputar sejarah dan wisata kuliner. Namun jika kamu sendiri ingin sedikit lebih menepi maka kamu akan menemukan beberapa pantai yang sangat mempesona untuk di lihat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.