Pesona Keindahan Sunrise yang Bisa Dilihat Dari Gunung Ireng

Kota Yogyakarta memang cukup terkenal dengan wisata kulinernya yang legendaris, namun disamping itu kota yang satu ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Tak heran jika kini banyak obyek wisata baru bermunculan di Kota Jogja. Nah, salah satu yang tak boleh kamu lewatkan ketika sedang berkunjung ke Jogja adalah menikmati keindahan sunrise nya. Ada banyak sekali tempat yang asyik untuk menikmati pesona matahari terbit dan terbenam seperti salah satunya adalah Gunung Ireng yang terletak di Dusun Srumbung, Kelurahan Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Rasanya sudah tak asing terdengar di telinga ketika pertama kali menyebut obyek wisata Gunung Ireng. Berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini kamu bisa melihat pesona sunrise yang keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Sebenarnya spot ini sudah ada sejak lama namun beberapa waktu belakangan ini kembali hits karena banyak wisatawan yang mengunggah foto – foto mereka selama berada di Gunung Ireng ke sosial media. Tak hanya bisa menyaksikan sunrise saja, tapi sejauh mata memandang kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa hamparan bebatuan kapur serta pepohonan hijau. Obyek wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengusir penat dan kejenuhan setelah sepekan beraktivitas di kantor.

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan selama berada di kawasan ini seperti jalan – jalan atau duduk santai, berfoto ria, dan lain sebagainya. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah pada pagi hari karena kamu bisa melihat keindahan matahari terbit di ufuk timur yang diam – diam menghangatkanmu. Menurut legenda, Gunung Ireng merupakan buah dari kemarahan Raden Bratasena alias Bima yang konon katanya ingin mengusir monyet – monyet yang ada di sekitar Gunung Merapi. Awalnya ia bermaksud untuk menendang monyet – monyet tersebut tapi meleset hingga mengenai bebatuan. Akhirnya bebatuan tersebut bernama Gunung Ireng.

Untuk masuk ke kawasan ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3 ribu per orang dan biaya parkir motor sebesar Rp. 2 ribu. Akses menuju kesini pun terbilang cukup mudah, hanya saja kondisi jalan yang masih berbatu hingga sampai ke lokasi dibutuhkan ke hati – hatian dalam berkendara. Walaupun fasilitas di kawasan ini belum terlalu lengkap namun keindahan alam nya tak boleh diragukan lagi. Kalau kamu ingin ke sini bisa langsung ke Dusun Srumbung, Kelurahan Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Atau Dari Bukit Bintang lalu lewati Jl Wonosari. Belok arah kanan di Perempatan Polsek Patuk. Lurus terus menuju Jl Patuk-Pengkok dan saat sampai di Peremptan Tugu Semar beloklah ke kanan. Setelah itu, kamu akan melihat papan petunjuk untuk sampai ke Gunung Ireng.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.