Pengembangan Aset Pariwisata Berau Oleh Pemerintah Bersama Investor

Bapak Muharram selaku Bupati Berau, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu menuturkan bahwa pemerintah tengah melakukan inventarisasi. Terhadap beberapa sumber pariwisata yang nantinya akan digarap dan dikembangkan pada tahun 2017 mendatang. Beliau juga menuturkan bahwa untuk mengangkat sektor pariwisata di Berau diperlukan kerjasama. Yakni antara pemerintah daerah dengan semua investor yang bergerak di bidang pariwisata sehingga hasilnya lebih maksimal.

Memaksimalkan Peranan Investor Berau

Peran investor yang sudah ada di Berau cukup penting dalam memajukan semua aset pariwisata di daerah tersebut. Pasalnya investor akan lebih peka untuk menjaga kesehatan dan keindahan lingkungan meski mengalami pengembangan. Diharapkan dengan keikutsertaan para investor mampu meningkatkan ketertarikan wisatawan untuk berkunjung. Pengembangan yang lebih maksimal disertai promosi di kalangan investor berdampak baik bagi dunia pariwisata Berau.

Surya Paloh yang merupakan Ketua Umum Partai Nasdem juga mengungkapkan penilaiannya akan keindahan pariwisata di Berau. Ketika mendengar akan ada inventarisasi supaya perkembangan pariwisata bergerak aktif beliau ikut senang. Sebab dengan keindahan alam yang sudah ada dan kekayaan lainnya jika diolah dan dikembangkan dengan baik. Maka manfaatnya akan dirasakan oleh pemerintah daerah dan tentunya oleh masyarakat setempat.

Pengembangan berbagai lokasi wisata yang indah dan mempesona memang sudah sebaiknya diprogram untuk masuk ke dalam Wisata Nasional. Surya Paloh pun ingin ikut membantu proses pengembangan yang dilakukan pemerintah daerah. Salah satunya dengan meminta kepada Menteri Pariwisata saat ini, yaitu Arief Yahya untuk melakukan peninjauan. Diharapkan dengan terlibatnya kementerian pariwisata maka pemerintah pusat pun akan memberikan bantuan. Sehingga ke depannya proyek pengembangan berbagai aset wisata lebih tergarap dengan maksimal.

Selain melakukan perbaikan yang semakin dalam dan menyeluruh, pihak pemerintah terkait pariwisata pun melakukan promosi. Promosi memperkenalkan Kabupaten Berau kini tidak hanya dilakukan di dalam negeri namun juga ke berbagai negara. Promosi yang dilakukan secara terus – menerus akan meningkatkan minat pengunjung dari negara lain. Semakin banyak turis asing yang menapaki keindahan Berau maka kemajuan perekonomian pun semakin terjamin. Sektor pariwisata yang berkembang akan membuat masyarakatnya pun berkembang, infrastruktur pun demikian.

Lokasi Wisata Berau Potensial

Ada beberapa lokasi wisata yang akan digarap oleh pemerintah dan para investor, selain itu juga memperbaiki bandara. Perbaikan dilakukan kemudian juga mulai membangun bandara baru yang rencananya pada bulan Juni mendatang sudah resmi dibuka. Keberadaan bandara tambahan di daerah Pulau Maratua diharapkan mampu memfasilitasi jumlah pengunjung. Sebab semakin banyak pengunjung akan membuat petugas bandara kewalahan, maka perlu ada bandara kedua. Sehingga pelayanan petugas di bandara bisa lebih maksimal dan meningkatkan kenyamanan wisatawan.

Pulau Derawan yang memang sudah dikenal kini pun dilakukan pengembangan sekaligus meningkatkan promosi. Rencananya juga akan mengembangkan Pulau Kakaban yang menyimpan keunggulan langka seperti keberadaan danau alami. Uniknya danau di tengah Pulau Kakaban menjadi habitat ubur – ubur, wisatawan bisa berenang dengan aman di tengah ubur – ubur tersebut. Spot seperti ini memang masih cukup langka, tercatat di dunia hanya akan ada dua dan satunya merupakan Pulau Kakaban.

Selain kedua pulau indah tersebut, pihak pemerintah pun mencanangkan akan mulai menyentuh pulau indah lainnya. Sebut saja Pulau Sangalaki, Pulau Semama, Pulau Belambangan, Pulau Mataha, dan juga Pulau Sumbir. Penggarapan yang serius akan menjadikan Kabupaten Berau dikunjungi banyak wisatawan, apalagi maskapai Garuda Indonesia hanya melayani pendaratan di Berau untuk layanan ke Kalimantan Timur.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.