Pelesir Budaya di Yogyakarta

Salah satu destinasi terfavorit di pulau Jawa adalah kota Yogyakarta. Kota yang dijuluki sebagai kota pendidikan ini ternyata menyimpan beragam wisata budaya yang sudah terkenal hingga ke dunia internasional. Kota yang memiliki luas lebih kecil dibandingkan dengan Jakarta ini harus Anda masukkan ke daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi pada musim liburan. Selain tempat wisata ada juga tempat kuliner menarik yang akan menyajikan beragam masakan khas dari kota Yogyakarta ini. Lalu dimana sajakah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat di Yogyakarta?

Museum Keraton Yogyakarta

Museum keraton merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berada di Yogyakarta. Di dalam keraton ini terdapat berbagai macam barang peninggalan dari kerajaan. Rata-rata hampir semua barang yang dipamerkan sudah berusia tua bahkan ada yang sudah ratusan tahun. Mulai dari kereta kencana, perlengkapan keraton dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk masuk ke museum ini juga tidak mahal. Di dalam Anda juga bisa berfoto sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke museum yang satu ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan juga salah satu tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Candi yang satu ini berlokasi di perbatasan antara Klaten dan Sleman. Untuk mencapai ke candi ini dari arah Yogyakarta juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Di candi Prambanan Anda bisa menikmati beberapa sajian hiburan. Antara lain:

• Pertunjukan sendratari Ramayana yang menceritakan dua toko yang bernama Rama dan Shinta.
• Pemandangan candi Prambanan pada malam hari yang disorot oleh cahaya. Terkesan sangat indah sekali dan tidak akan terlupakan setelah Anda pulang dari Prambanan.

Setelah menikmati pertunjukan tari dan pemandangan sekitar candi, Anda bisa membeli aneka souvenir yang dijajakan di sekitar candi.

Candi Borobudur

Selanjutnya ada juga Candi Borobudur yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Jadi tak heran jika candi untuk agama Buddha ini selalu dikunjungi oleh banyak orang. Candi ini begitu luas dan memiliki beberapa tingkatan. Pada dinding candi juga terdapat berbagai ukiran yang menceritakan sebuah kisah. Karena nilai historialnya yang tinggi, jangan heran jika candi ini juga digunakan sebagai tempat wisata edukasi bagi siswa. Setelah mengunjungi candi ini, Anda bisa turun dan berkunjung ke pasar souvenir yang berada di sekitar candi. Disana ada banyak sekali souvenir khas yang dijajakan.

Itulah beberapa tempat wisata budaya yang wajib Anda kunjungi saat plesir ke Yogyakarta. Setelah berkunjung ke tempat wisata budaya tersebut, Anda sangat direkomendasikan untuk mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Kuliner khas tersebut adalah gudeg Yogyakarta. Gudeg adalah sebuah sayur yang terbuat dari buah nangka muda. Kemudian buah muda tersebut dimasak menggunakan santan dan gula jawa. Sehingga tercipta rasa gurih dan manis. Biasanya dalam penyajian sayur ini akan dilengkapi dengan nasi, sambal, telur bacem dan beberapa sayuran lainnya.

Sebelum Anda pulan dan mengakhiri plesi ke Yogyakarta, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Yogyakarta, apalagi jika bukan bakpia patok yang berisi kacang hijau. Untuk Anda yang kurang suka dengan kacang hijau, Anda bisa membeli bakpia dengan isian lainnya. Misalnya saja coklat, keju, ketela dan masih banyak lagi yang lainnya. Biasanya bakpia ini dijual dengan harga yang murah. Sedangkan isi per kotaknya beragam tergantung dari ukuran bakpia yang dibeli.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.