Keeksotisan Pantai Mawun yang Wajib Dieksplorasi

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pulau Lombok? Rasanya sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata alam yang satu ini. Pulau Lombok cukup terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang mempesona mulai dari pegunungan yang hijau, pantai nya yang eksotis, hingga keindahan bawah lautnya yang mempesona. Lokasinya yang bersebelahan dengan Pulau Bali, tak heran jika Lombok memiliki banyak tempat wisata yang bisa ditelusuri. Salah satunya adalah Pantai Mawun yang terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya berada di sebelah  barat Pantai Kuta dan sebelah timur Pantai Selong Belanak. Sama seperti pantai lainnya yang berada di Pulau Lombok, Pantai Mawun ini menyuuguhkan keindahan alam yang mempesona.  

Pantai Mawun ini sebenarnya sebuah teluk yang dimana jika dilihat dari atas, dimana garis pantainya berbentuk mirip seperti tapal kuda. Keindahan alamnya bertambah eksotis dengan kehadiran 2 bukit bernama Bukit Pengolo dan Bukit Nettem yang berada di bagian timur dan bagian barat Pantai Mawun. Keindahan lainnya yang bisa dilihat di kawasan pantai ini adalah biru nya air laut yang membuat siapa saja tidak tahan untuk segera bermain air dan berenang. Namun perlu hati – hati saat bermain air atau berenang karena ombak yang datang pada sisi pantai bagian tengah relatif lebih besar karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.  Jadi kalau mau aman, disarankan untuk memilih lokasi pantai yang ada pada bagian timur dan barat karena ombaknya cukup tenang dan terlindung oleh bukit.

Selain berenang, aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling. Namun tak perlu khawatir jika kamu tidak bisa berenang, kamu masih bisa melakukan hal yang menyenangkan di pinggir pantai seperti jalan – jalan santai sambil merasakan langsung suasana pantai. Nah, jika kamu menyukai tantangan maka tak ada salahnya untuk mendaki bukit dan melihat birunya pemandangan laut lepas dari ketinggian. Merasakan hembusan angin dan sensasinya. Di bagian sudut dari pantai ini terdapat sebuah pohon yang cukup rimbun, sehingga kamu bisa menggelar tikar dibawah pohon tersebut sambil menyantap hidangan atau sekedar bercengkrama bersama orang terdekat.

Untuk biaya masuk ke kawasan pantai ini terbilang cukup terjangkau yakni Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. Untuk jarak tempuh dari pusat kota sekitar 65 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Untuk rute menuju Pantai Mawun adalah  Mataram – Kediri – Praya- Penunjak – Selong Belanak- Mawun. Rute ini memang bukan satu-satunya tapi merupakan jalur yang paling baik yang bisa dipilih dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.