Wisata Umbul Kapilaler di Klaten, Sejuk dan Segarnya Menyatu dengan Alam

Pulau Jawa memang cukup terkenal dengan potensi wisatanya yang beragam dan sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa kota besar di pulau Jawa yang dikenal dengan berbagai objek wisata populernya misalnya Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Banten, Bogor, Solo, Purwokerto, hingga Klaten. Siapa sangka ternyata Klaten juga punya banyak tempat wisata Klaten terkenal dan cocok untuk dikunjungi ketika liburan. Berada di perbatasan antara kota besar Yogyakarta dan Surakarta, Klaten seringkali menjadi tempat singgah orang – orang yang akan pergi ke Surakarta atau ke Yogyakarta untuk liburan. Tidak banyak orang yang tahu, bahwa Klaten juga punya potensi wisata yang tak kalah cantik lho dengan tempat wisata yang ada di kota – kota besar di Indonesia.

Klaten cukup terkenal dengan destinasi wisatanya berupa wisata air dan wisata sejarah, seperti salah satu destinasi wisata ini yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Klaten yaitu Wisata Umbul Kapilaler. Lokasinya berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Destinasi wisata ini selalu ramai oleh wisatawan setiap harinya karena keindahan alam sekitar yang mempesona dan tiada duanya sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, penduduk lokal nya pun ramah – ramah terhadap wisatawan lokal dan wisatawan asing yang datang kesana.

Pada zaman dahulu Umbul Kapilaler ini dipercayai sebagai tempat pemandian putri, hingga saat ini lokasi wisata tersebut masih digunakan sebagai  tempat pemandian oleh masyarakat setempat. Sama halnya dengan umbul lainnya di Klaten, Umbul Kapilaler ini memiliki dasar berupa batu dan tanah. Tak jauh dari lokasi Umbul Kapilaler, ada sumber mata air Si Gedang yang dimanfaatkan sebagai air minum oleh masyarakat setempat. Meskipun lokasi Umbul Kapilaler tidak terlalu besar, namun memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Udara nya yang sejuk dan segar, dijamin membuat betah siapa saja yang mengunjunginya. Untuk fasilitas nya terbilang cukup lengkap, terdiri dari area parkir kendaraan, gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai, kamar mandi/MCK, warung makan, dan lain sebagainya.

 

Nah untuk kamu yang ingin berkunjung kesini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Jika takut kesasar, kamu bisa menggunakan panduan Google Maps yang terpasang di Smartphone kamu. Atau jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti bus umum atau angkutan lainnya. Jika berencana untuk berkunjung ke destinasi wisata ini, disarankan untuk membawa baju ganti serta perlengkapan mandi dan jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan moment istimewa selama berada disini.

 

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.