Pantai Kutuh Bali dengan Keindahan Alamnya yang Mempesona

Pulau Bali adalah salah satu primadona pariwisata Indonesia yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain dikenal dengan pesona baharinya, Bali juga terkenal dengan aneka kesenian dan kebudayaan unik yang masih terus dilestarikan. Ada banyak sekali obyek wisata di Bali yang tak boleh dilewatkan ketika kamu sedang berkunjung ke Pualu Dewata ini seperti salah satunya adalah Pantai Kutuh. Pantai Kutuh ini merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan Kuta Selatan dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun belum banyak dikunjungi, namun Pantai Kutuh ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan tak kalah indahnya dengan pantai – pantai lainnya yang berada di kawasan Kuta Selatan.Untuk menuju Pantai Kutuh ini, kamu cukup berpatokan saja seperti menuju ke Garuda Wisnu Kencana yang berada di daerah Jimbaran. Setelah melewati GWK tersebut kamu hanya mengambil jalan lurus terus hingga bertemu dengan perempatan Nirmala. Sesampainya di perempatan Nirmala, kamu mengambil arah untuk belok kiri dan setelah itu ikuti jalan hingga menuju ke Hotel Bali Cliff. Sebelum sampai di pintu gerbang Hotel Bali Cliff ada jalur belok ke kiri, Anda ikuti jalur belok tersebut. Kemudian ikuti terus jalan sampai bertemu perempatan. Pilihlah jalur belok ke kanan dan ikutin terus jalannya hingga bertemu Pantai Kutuh.Saat diperjalanan sebelum Pantai Kutuh, kamu akan melihat tebing – tebing tinggi yang berdiri kokoh sehingga membuat mata tak ingin berkedip. Tebing – tebing tersebut biasanya disebut dengan Tebing Kutuh. Diantara tebing – tebing tersebut ada sebuah jalan menuju pantai yang bisa dilewati oleh para wisatawan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Meskipun keadaan jalannya yang sudah beraspal, namun kamu juga perlu hati – hati ketika melintasi jalan tersebut karena jalannya agak curam dan berbelok. Tebing Kutuh juga sering digunakan sebagai lokasi syuting membuat iklan dan video klip.Walaupun Pantai Kutuh ini belum sepopuler Pantai Dreamland namun tetap saja terlihat beberapa wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara datang ke Pantai Kutuh untuk menikmati keindahan alamnya. Hempasan ombaknya yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi bermain surfing. Pantai Kutuh ini menyajikan hamparan pasir putih dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan, tentu akan  membuat siapa saja menjadi betah berlama – lama memandanginya. Namun tak jarang, kamu bisa menyaksikan aktivitas wisatawan lain yang sedang melakukan paragliding dari Bukit Timbis, dan terbang melewati atas Pantai Kutuh.Tak hanya itu, di kawasan Pantai Kutuh ini juga terdapat kegiatan pembudidayaan rumput laut yang dilakukan para nelayan setempat. Untuk dapat menikmati segala keindahan panorama Pantai Pandawa ini, kamu hanya perlu menggeluarkan biaya sebesar Rp2.000,00 untuk kamu WNI dan Rp5.000,00 untuk WNA. Tentu ini harga yang terlampau murah dibandingkan keindahan yang tersaji di Pantai Kutuh. Di pantai Kutuh belum terlalu banyak terdapat warung atau tempat untuk makan, ada baiknya jika membawa perbekalan dari rumah. Penduduk yang tinggal disekitar pantai kebanyakan mengembangkan pertanian rumput laut sebagai mata pencarian.