Pantai Kesirat, Spot Terbaik Menikmati Sunset di Sore Hari Sambil Memancing

Pantai Kesirat berbeda dengan pantai pada umumnya yang berhiaskan pasir putih. Di pantai ini hanya terdapat jajaran tebing yang biasa dijadikan sebagai rock fishing. Tak hanya itu saja, namun wisatawan juga bisa melakukan camping di atas tebing. Mendengar nama Pantai Kesirat mungkin sedikit asing di telinga wisatawan. Jangan kan wisatawan dari luar kota, bagi penduduk Gunungkidul sendiri nama Pantai Kesirat termasuk jarang di dengar. Namun justru itu asyiknya karena belum banyak orang yang tahu dan berkunjung ke Pantai tersebut, keindahan alamnya masih sangat alami dan terjaga.

Berbeda dari pantai pada umumnya yang identik dengan hamparan pasir putih namun di Pantai Kesirat ini kamu tidak akan menemukan hal tersebut. Kesirat bukanlah pantai berpasir landai, melainkan berupa tebing – tebing yang curam dan berbatasan langsung dengan laut dalam. Meskipun seperti itu, bukan berarti Pantai Kesirat tak layak untuk dikunjungi, justru keberadaan nya yang di atas tebing itulah yang menjadi daya tarik tersendiri. Di pantai ini terdapat sebuah pohon besar yang berdiri sendirian di bibir tebing dan sangat mirip dengan pohon yang berada di Pantai Pok Tunggal. Pohon besar tersebut menjadi salah satu ikon dari Pantai Kesirat.

Pantai Kesirat ini juga menjadi salah satu area favorit yang digunakan untuk memancing karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut dalam. Menjelang sore hari, banyak pemancing yang mendatangi pantai ini dan bermalam hingga pagi hari. Pantai Kesirat ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain memancing, kamu juga bisa mendirikan camp sambil menikmati Matahari saat tergelincir. Kehangatan sinar kemerah – merahan yang menerpa wajah seolah memberi kabar sang bintang akan segera datang.

Nah untuk kamu yang berniat untuk melakukan camp di kawasan tersebut maka disarankan untuk membawa perbekalan yang lengkap karena disana belum adanya fasilitas yang memadai. Dan sebelum melakukan perjalanan menuju Pantai Kesirat maka ada baiknya kamu mempersiapkan stamina terlebih dahulu karena medan perjalanan yang cukup menguras tenaga. Untuk menuju ke Pantai Kesirat maka kamu bis berangkat dari Pusat Kota Yogyakarta dan menempuh perjalanan sekitar dua jam perjalanan. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor karena lokasinya yang masih tersembunyi sehingga belum ada angkutan umum yang melintas.

Ingin segera mengunjungi Pantai Kesirat?

Simak rutenya, yuk: Rute: Dari Yogyakarta – Jalan Imogiri Barat – Jalan Siluk – pohon beringin yang cukup besar, belok kanan menuju arah Pantai Gesing – Pasar Pandhem belok kanan – pertigaan jika ke kiri ke Pantai Gesing, lurus sekitar 200 meter – masjid di kiri jalan, belok kiri – Pantai Kesirat.

Share this:

Leave a comment