Lima Kuliner Khas Sumatera Barat yang Bisa Ditemukan di Ibukota Jakarta

Makanan khas Sumatera Barat adalah jenis kuliner yang sudah terkenal hampir di seluruh Indonesia dan banyak digemari oleh para pecinta kuliner sehingga banyak restoran masakan khas Minang yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Terdapat banyak resep dan variasi masakan Sumatera Barat berdasarkan daerah, kota atau kabupatennya. Meskipun beraneka ragam masakan Minangkabau bukan hanya berasal dari Kota Padang, namun masakan khas Sumatera Barat sudah terlanjur dikenal dengan sebutan Masakan Padang. 

Nah, jika kamu tinggal di Jakarta dan sangat menyukai kuliner khas Sumatera Barat ini maka tak perlu jauh – jauh untuk pergi ke Sumatera karena di Jakarta sendiri juga terdapat banyak rumah makan atau restoran yang menjajakan berbagai masakan khas Sumatera Barat. Berikut ada lima kuliner khas Minang yang akan mengobati rasa rindu terhadap hidangan khas Minang. Diantaranya adalah:

1. Sate Padang Ajo Ramon

Berada di kawasan Santa, Jakarta Selatan tentunya akan membuat kamu pusing dengan kemacetan dan ditambah rasa lapar yang kian membuat perut perih maka ada baiknya mampir ke kedai Sate Padang Ajo Ramon. Lokasinya berada di Jalan Cikajang Raya No. 72, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka mulai pukul 16.00 hingga pukul 23.00 WIB. Meskipun hanya warung makan kaki lima namun rasanya boleh diadu dengan sate padang yang disediakan di restoran – restoran ternama.

Di kedai Sate Padang Ajo Ramon, kamu bisa memilih sendiri satenya mulai dari daging, lidah, usus hingga jantung tersedia di kedai tersebut. Jika kamu memesan satu porsi sate padang maka kamu akan disuguhkan dengan seporsi Sate Padang yang berisi 10 tusuk sate. Sebagai pelengkapnya kamu bisa menambahkan Kerupuk Jangek dan Keripik Balado. Untuk harga nya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 25 ribu saja untuk menikmati kelezatan Sate Padang Ajo Ramon ini.

2. Soto Padang Bunda

Di Soto Padang Bunda terdapat beberapa menu soto Padang yang semuanya menggiurkan. Di dalam satu porsi Soto Padang terdapat banyak sekali isian berupa potongan daging sapi. Rasa dagingnya itu mantap banget, tidak alot dan matang secara sempurna. Bumbu yang digunakan  pun meresap hingga ke setiap potongan dagingnya. Kuah nya yang kenal mengandung berbagai macam bumbu rempah sehingga menghasilkan rasa gurih dan pedas yang sangat khas. Soto Padang Bunda ini lokasinya terletak di Jalan Bendungan Hilir Raya No. 19 A, Jakarta Pusat. Untuk menikmati seporsi kelezatan Soto Padang Bunda, kamu cuku mengeluarkan uang sebesar Rp. 23 ribu saja dan Rp. 5 ribu untuk nasi putih.

3. Ketupat Sayur Padang Uda Dena

Ketupat Sayur jenisnya beragam, namun salah satu yang sangat populer adalah Ketupat Sayur ala Padang. Di Jakarta terdapat berbagai tempat makan ketupat sayur Padang yang ramai dikunjungi orang saat sarapan, salah satunya adalah Ketupat Sayur Padang Uda Dena. Lokasinya berada di Jalan Salemba Raya tepatnya di depan Pasar Matraman Pojok, Jakarta Pusat. Kedai ketupat sayu ini buka setiap harinya mulai pukul 06.00 hingga pukul 14.00 WIB. Seporsi ketupat sayurnya berisi sayur nangka, buncis dan telur, serta dilengkapi dengan kerupuk. Untuk harganya cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 10 ribu saja maka kamu sudah dapat menikmati kelezatan Ketupat Sayur Uda Dena.

4. Nasi Kapau Sabana Asli Hj. Zaidar

Berlokasi di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Nasi Kapau Sabana Asli Hj. Zaidar menyediakan nasi kapau khas Minang dengan hidangan yang cukup lengkap. Di antaranya itik rendang dan itik cabai hijau yang tidak ada di warung masakan Padang lain. Cukup dengan Rp 35 ribu, seporsi itik cabai hijau bisa menjadi santapan.

5. Bubur Kampiun Uda Hengki

Bubur Kampiun merupakan menu sarapan khas Minangkabau yang juga dijadikan sebagai santapan utama untuk berbuka puasa kala Ramadhan tiba. Sepintas memang terlihat layaknya kolak pisang atau kolak ubi, namun berbeda dari segi isinya. Bubur ini memiliki banyak sekali isi, bahkan karena sangat komplit kamu bisa menikmati bubur ketan hitam, biji salak, kolang – kaling, pisang, dan juga sagu mutiara dalam satu hidangan. Salah satu Bubur Kampiun yang sudah sangat terkenal di Jakarta adalah Bubur Kampiun Uda Hengki yang lokasi nya berada di Pasar Tebet Barat Lantai D, Jalan Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan. Harganya hanya Rp 10 ribu per porsi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.