Keindahan Pantai Kedung Celeng yang Mempesona

Saat ini Malang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang paling banyak diburu para wisatawan sebagai tujuan wisata saat akhir pekan atau hari libur tiba. Pasalnya di kota ini terdapat beragam destinasi wisata indah dan mempesona yang wajib dikunjungi. Salah satu nya adalah pantai sebagai destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi. Di Malang terdapat beberapa pantai indah dan menawan seperti Pantai Balekambang, Pantai Tiga Warna, Pantai Ngliyep, Pantai Sendang Biru, dan lain sebagainya. Dari waktu ke waktu selalu saja muncul pantai baru di Malang, seperti salah satunya adalah Pantai Kedung Celeng. 

Mungkin masih cukup asing terdengar di telinga, namun pantai ini memiliki keindahan alam yang mempesona dan dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Pantai ini masuk ke dalam kawasan Pantai Selatan yang berkarateristik memiliki ombak besar. Pantainya yang sudah tereduksi dengan batu karang besar yang berada di depan bibir pantai, jadi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa melakukan aktivitas snorkeling atau pun berenang. Air nya yang jernih dengan pemandangan alam bawah lautnya menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Diharapkan untuk wisatawan yang ingin melakukan aktivitas snorkeling dan berenang agar selalu tetap berhati – hati. Untuk batas aman bersnorkeling dari bibir pantai yaitu sampai 20 meter, untuk kedalaman airnya mencapai 1 hingga 2 meter.

Tidak diketahui pasti mengapa pantai ini dinamakan Pantai Kedung Celeng. Besar kemungkinan karena lokasi nya yang berada di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Malang. Lokasi pantai nya berada di tengah Pantai Pulodoro dan Pantai Bantol. Untuk mencapai ke pantai ini, para wisatawan bisa melalui rute dari Malang Kota menuju ke arah Kepanjen. Sesampainya di Desa Pagak, nantinya akan menemukan pertigaan (jika belok arah pantai ngliyep) ambil yang lurus. Ikuti jalan tersebut melewati Desa Banjarejo. Selanjutnya kamu akan melewati jalan berbatu sampai di pantai Bantol. Dari pantai tersebut ada jalan kecil masuk hutan, ikuti saja sekitar 10 menit kemudian akan sampai di lokasi Pantai Kedung Celeng.

Tiket masuk ke pantai ini terbilang cukup murah, yakni para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja dan biaya parkir Rp 2 ribu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.