Aneka Kuliner khas Cirebon Bisa Kamu Temukan di Toko Daud

Tak lengkap rasanya jika pergi ke suatu daerah tak melakukan hal yang satu ini yaitu wisata belanja. Biasanya wisata belanja di lakukan untuk membeli buah tangan atau oleh – oleh khas daerah yang kita kunjungi. Salah satu kota yang tak boleh dilewati ketika mudik adalah Kota Cirebon, Jawa Barat. Kota yang satu ini terkenal sebagai sentra udang dan batik pesisir. Disana terdapat sebuah toko yang dijadikan rekomendasi oleh penduduk lokal Cirebon sebagai toko oleh – oleh yaitu Toko Daud. Toko Daud ini terletak di Jalan Sukalila Utara No 4D, atau lebih tepatnya berada di belakang PGC dan samping Gereja dan juga cabangnya yang berada di Jalan Ir.H. Juanda Nomor 9-11, berjarak 13 kilometer dari Gerbang Tol Cipali. Biasanya di cabangnya selalu ramai oleh para pengunjung, hal itu dikarenakan lokasinya yang berada di jalur mudik sehingga banyak pemudik yang mampir ke toko tersebut.

Toko Daud menyediakan oleh – oleh khas Cirebon yang terbilang cukup komplit mulai dari kerupuk udang, terasi, manisan mangga, hingga berbagai macam keripik. Toko ini berada di gedung dua lantai yang dilengkapi AC dan memiliki konsep seperti supermarket sehingga para pengunjung nyaman ketika berbelanja di toko ini. Untuk lantai pertama terdapat berbagai macam oleh – oleh khas Cirebon berupa camilan, sedangkan di lantai dua terdapat batik – batik cantik Cirebon yang memiliki ciri khas warna yang cerah mulai dari batik cap atau tulis, kain jadi atau bentuk pakaian.

Harga oleh – oleh yang dijual di Toko Daud pun bervariasi mulai dari ribuan hingga jutaan, misalnya batik yang dibanderol mulai dari Rp. 90 ribu hingga Rp. 2 jutaan. Selain Toko Daud ada juga toko oleh – oleh yang beralamat di Jalan Pemuda Cirebon yaitu Lawang Abang. Lokasinya pun mudah untuk ditemukan karena posisinya berada di ujung jalan dan terdapat ornamen kursi raksasa pada halaman depannya. Lawang Abang ini merupakan sebuah kafe dan juga menjual berbagai kerajinan Usaha Kecil dan Menengah seperti kursi dan meja makan, kendi, celengan, wayang, jam tangan kayu, hiasan dinding hingga berbagai macam batik. Harga yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dengan harga di Toko Daud.

Tak hanya dua toko oleh – oleh itu saja yang dapat kamu temui ketika berkunjung ke Jl. Ir. H. Juanda, namun masih banyak toko yang menjual oleh – oleh disepanjang jalan tersebut. Rata – rata toko tersebut menjual keripik dan kerupuk khas Cirebon. Untuk kamu yang ingin berburu batik murah, pilihannya ke di Pusat Grosir Cirebon yang beralamat di Jl. Sukalila, tak jauh dari PGC juga banyak toko oleh – oleh khas Cirebon lainnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.