Keunikan Pantai di Jepara

Banyak pantai di Jepara yang menjadi tujuan para wisatawan. Berbicara tentang Jepara, Anda pasti akan teringat dengan Karimun Jawa, salah satu tempat wisata paling terkenal. Jepara merupakan kota yang terkenal dengan ukirannya dan juga berbagai tempat wisatanya yang menyenangkan. Kota ini berbatasan langsung dengan laut, sehingga Anda akan mudah menemui berbagai pantai di kota ini.

Disini akan dibahas tentang beberapa pantai di Jepara , seperti Pantai Bandengan, Pantai Teluk Awur, Pantai Kartini, Pantai Pungkruk, Pantai Ombak Mati, Pantai Blebak, Pantai Pailus, dan Pantai Empu Rancak.

Delapan pantai di Jepara yang bisa Anda kunjungi:

  1. Pantai Bandengan (Pantai Tirto Samodra)

Pantai ini berjarak 7 kilometer dari Kota Jepara. Terletak di desa Bandengan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah dan air laut biru yang memiliki ombak cenderung kecil, sehingga tidak berbahaya untuk berenang bahkan untuk anak-anak kecil. Fasilitas cukup komplit, Anda bisa menyewa Banana Boat, Jet Ski, ATV dan Kano. Selain itu, pantai ini terkenal karena sering diadakan festival laying-layang.

           2. Pantai Teluk Awur

Pantai ini terletak 4 kilometer dari Kota Jepara. Terletak di Desa Telukawur Kecamatan Tahunan. Masuk ke pantai ini gratis. Meskipun begitu, fasilitas di pantai ini cukup lengkap, seperti mushola, kedai makan, toilet dan kamar mandi untuk mandi dan berbilas. Ketika Anda datang kesini sore hari, Anda mungkin akan melihat sunset yang indah.

           3. Pantai Kartini

Pantai ini merupakan pantai yang paling terkenal di Jepara yang juga merupakan dermaga menuju Taman Laut Nasional Karimun Jawa dan Pulau Panjang. Pantai ini terletak hanya 2,5 kilometer dari kota Jepara. Pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Disana terdapat Kura-Kura Ocean Park yang merupakan aquarium raksasa. Selain itu banyak sekali wahana untuk kegiatan wisata.

          4. Pantai Pungkruk

Pantai ini terletak di Desa Mororejo Kecamatan Mlonggo, kira-kira 7 kilometer dari pusat kota Jepara. Pantai ini sangat istimewa karena wisata kulinernya. Berbagai macam makanan seafood bisa Anda nikmati di kedai-kedai makan yang dibangun diatas air. Ada juga Becak Air untuk menikmati suasana pantai.

          5. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati berada di Desa Bondo Kecamatan Bangsri. Dinamakan Ombak Mati karena di pantai ini hampir tidak ada ombak. Pantai inipun agak sepi, belum banyak wisatawan yang datang untuk melihat keistimewaannya. Walaupun sepi, pantai ini memiliki fasilitas seperti dermaga, taman bermain anak-anak, penginapan, mushola, dan kedai makan. Pantai ini sepi barangkali dikarenakan jaraknya yang jauh dari kota Jepara. Disini Anda juga bisa melihat PLTU Tanjung Jati B.

           6. Pantai Blebak

Sama seperti Pantai Ombak Mati, pantai ini sangat sepi. Hal ini juga dikarenakan tempatnya yang cukup jauh dari kota Jepara. Pantai ini merupakan pantai yang istimewa karena Anda akan menemukan ketenangan yang sesungguhnya. Bila Anda sedang stress, dijamin Anda akan pulang dengan keadaan yang fresh.

           7. Pantai Pailus

Pantai ini terletak di Desa Karanggondan Kecamatan Mlonggo. Pantai berpasir putih ini sangat sepi, belum banyak dikunjungi wisatawan. Banyak orang mengatakan bahwa pantai ini pantai perawan, dikarenakan banyaknya peraturan larangan mendirikan bangunan di kawasan ini. Pantai ini cocok untuk orang-orang yang menyukai suasana sepi.

           8. Pantai Empuk Rancak

Pantai ini terdapat di Desa Karang Gondang Kecamatan Mlonggo. Pantai ini juga terkenal karena seafoodnya. Anda bisa menikmati aneka sefood di gazebo-gazebo yang langsung menhadap ke laut. Lebih istimewanya lagi, gazebo-gazebo ini berdiri diantara pohon pandan. Pantai ini berpasir putih dan ombaknya sangat tenang. Untuk ke pantai ini, Anda tidak dipungut bayaran.

Bagi Anda yang sangat menyukai pantai, Anda wajiba datang kesini. Pastikan Anda membawa barang-barang yang penting ketika Anda mau mengunjungi pantai-pantai disini, terutama di pantai-pantai yang masih sepi. Cukup menggoda bukan untuk datang ke beberapa pantai di Jepara ini?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.