Tiga Lokasi Pantai Eksotis di Kawasan Gunung Kidul yang Memiliki Keunikan Tersendiri

Kota Yogyakarta mungkin lebih dikenal dengan wisata budaya serta sejarahnya. Namun ternyata, Jogja juga memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang menarik hati. Tak hanya Pantai Parangtritis saja, namun ada sejumlah pantai yang pesonanya jauh lebih memikat dari pantai paling terkenal di Jogja. Jika kamu ingin mengunjungi pantai – pantai berpasir putih di Jogja maka datanglah ke kawasan Gunung Kidul. Di kawasan tersebut terdapat banyak sekali pantai – pantai indah yang menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan. Nah, berikut beberapa pantai di kawasan Gunung Kidul yang bisa untuk kamu kunjungi. Diantaranya adalah:

1. Pantai Kesirat

img_7776-1

Tak adanya pasir di pantai ini bukan berarti pantai ini tak menarik untuk dikunjungi. Berbeda dengan pantai – pantai lainnya yang berada di kawasan Gunung Kidul lainnya, Pantai Kesirat mempesona dengan karakternya sebagai pantai bertipe tebing karang. Tak ada pasir putih atau pemandangan buih ombak yang menepi di pantai, hanya saja terdengar suara – suara deburan ombak yang pecah menabrak sisi – sisi karang.  Tepat di pinggir tebing terdapat sebuah pohon tunggal tumbuh dan terlihat mencolok dan menarik perhatian. Hamparan tanah berumput yang cukup luas seolah tak menarik baginya hingga ia memilih tumbuh di tepi tebing karang. Pohon abadi, begitulah namanya populer di antara para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kesirat.

Pantai Kesirat ini lokasinya berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika kamu pernah berkunjung ke Pantai Grigak Barat, Pantai Karangtelu atau Pantai Wohkud maka Pantai Kesirat ini sangat dekat dari ketiga lokasi pantai tersebut. Barisan tebing yang jadi bingkai pantai berpadu manis dengan hamparan air berwarna hijau segar serta deburan ombak, membuat Pantai Kesirat semakin eksotis. Jika sore menjelang, kamu bisa mendirikan tenda dan memancing  sambil menikmati Sunset.

2. Pantai Jogan

pantai-jogan

Dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah pesisir pantai Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi yang istimewa karena memiliki keunikan tersendiri yaitu air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut Jogan. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 10 meter dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Pantai Jogan berlokasi di Dusun Wates, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Berjarak sekitar 70 km dari Kota Jogja dan dapat ditempuh dengan waktu 2 jam atau sekitar 200 m ke arah barat Pantai Siung. Kondisi jalan yang cukup baik maka bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk tiket masuk nya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3 ribu per orang nya maka kamu sudah bisa melihat keindahan alam dan keunikan dari Pantai Jogan ini.

Jika ingin menikmati keindahan air terjun yang berpadu dengan pantai maka kamu bisa turun kebawah dengan menapaki turunan yang licin dan basah namun tetap harus berhati – hati. Tak hanya itu saja, kamu juga harus mengahadapi ribuan bayi kepiting transparan yang menghuni karang dimana tempat kakimu harus melangkah. Tapi tak perlu khawatir takut tergigit, bayi – bayi kepiting tersebut tidak akan menggigit namun melewatinya dengan kaki telanjang nampaknya butuh nyali yang lebih. Semua pengorbanan kamu untuk melihat keindahan Air Terjun Pantai  Jogan akan terbayarkan setelah kamu sampai di bawah. Sejauh mata memandang horizon di depan, langit senja di atas Samudera Hindia sungguh terlihat menakjubkan. Sementara di belakang sana, gemuruh suara air terjun seolah mendendangkan orkestra alam yang menaikkan puji – pujian atas mahakarya Sang Pencipta.

3. Pantai Butuh

pantai-butuh-wonosari-500x500

Kekayaan wisata di Gunungkidul memang tak ada duanya seperti baru – baru ini banyak kawasan wisata baru yang baru buka seperti salah satunya adalah Pantai Butuh. Pantai Butuh ini merupakan pantai yang terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Dari Kota Yogyakarta berjarak sekitar 60 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 30 menit. Jika sebelumnya kamu pernah berkunjung ke Pantai Nageden dan Nglimun maka jalur yang digunakan sama untuk menuju Pantai Butuh.

Pantai Butuh ini diapit oleh pegunungan karst dan pepohonan yang masih rimbun, birunya air laut serta ombak yang menepi dan menghantam bebatuan sungguh pantai ini luar biasa. Di Pantai Butuh, berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan seperti bermain bola di pasir pantai dan bisa bermain air di pinggir pantai mengingat deburan ombaknya yang tidak terlalu besar namun tetap harus hati – hati. Setelah capek bermain maka kamu dapat berteduh di bawah pohon yang rindang dan ditemani dengan sumilir angin yang menghempas tubuh ini yang sangat cocok sekali untuk menghilangkan penat.

Share this:

Leave a comment