Pantai Berpasir Hitam di Kabupaten Cilacap yang Menawarkan Keindahan Alam Mempesona

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir Selatan Pulau Jawa. Banyak yang tak mengira jika Cilacap memiliki potensi wisata yang bisa di kunjungi saat akhir pekan tiba. Salah satu obyek wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Cilacap adalah pantainya. Sebut saja Pantai Selok, Pantai Ayah, Pantai Widarapayung, Pantai Teluk Penyu dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun pantai yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Teluk Penyu.

Sesuai dengan namanya, pantai ini awalnya merupakan tempat untuk pengembangan penyu namun saat ini penyu di pantai tersebut sudah tidak banyak lagi. Pantai Teluk Penyu memiliki ciri khas berupa pasir pantai yang hitam dan ombak yang cukup besar. Untuk lokasi nya berada di Kecamatan Cilacap, Jawa Tengah dan berjarak sekitar 2 km dari pusat Kota Cilacap. Untuk akses nya bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor, atau juga kendaraan umum dari Terminal Cilacap dilanjutkan menggunakan bus atau angkutan umum.

Berbagai fasilitas di Pantai Teluk Penyu terbilang cukup lengkap yakni ada kamar mandi, musholla, area parkir, gazebo, mercusuar, lapangan voli, water sport, perahu penyeberangan ke Pulau Nusakambangan, trackdam, kolam pemancingan, kios buah, kios oleh – oleh, kios cenderamata dan lainnya. Selama berada di kawasan pantai ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain bola, memancing, jalan – jalan santai di pinggir pantai, dan lain sebagainya. Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Teluk Penyu, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 5 ribu per orang. Jika ingin menyebrang ke Pulau Nusakambangan, kamu bisa menggunakan perahu nelayan dengan biaya Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.