Gunung Kencana, Memiliki Tinggi yang Tak Seberapa Namun Cukup Menantang Untuk Pendakian

Mau weekend romantis di tempat yang tak kalah hits? Yuk cobain destinasi wisata yang satu ini, yaitu Gunung Kencana Bogor. Mungkin keberadaannya belum di ketahui banyak orang, tapi siapa sangka jika gunung ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.802 mdpl ini terletak di Kecamatan Cisarua, Bogor. Gunung ini baru di buka untuk masyarakat umum sekitar awal tahun 2016 lalu.

Namun untuk kamu yang belum ada rencana akhir pekan kali ini mau kemana, maka tak ada salahnya mengisi liburan akhir pekan dengan berkunjung ke Gunung Kencana. Saat melakukan pendakian, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan teh di segala penjuru. Dengan menempuh perjalanan kurang dari satu jam saja, kamu sudah bisa berdiri di atas Puncak Gunung Kencana. Untuk jalur pendakian bisa kamu temukan di kawasan wisata Telaga Warna yang berada di Cisarua sekitar dua pos.

Walaupun gunung ini memiliki tinggi yang tak seberapa, untuk keselamatan tetap di perhatikan ya! Karena awal – awal pendakian kamu akan disuguhkan dengan track pendakian yang curam dengan kayu – kayu yang disusun menjadi anak tangga. Tanjakan – tanjakan yang ada di jalur pendakian gunung ini pun terlihat cukup curam. Ada sebuah tanjakan yang dinamakan Tanjakan Sambalado. Entah apa maksudnya. Yang jelas, tanjakan ini sukses membuat para pendaki ngos – ngosan saat melaluinya. Selebihnya, tidak ada halangan yang begitu berarti untuk mencapai puncak. Meskipun demikian, kita tetap harus waspada.

Sesampainya di atas puncak, kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah nan mempesona. Dari kejauhan, nampak dua gunung yang cukup terkenal di Jawa Barat yaitu Gunung Gede – Pangrango. Saat malam tiba, pemandangan di puncak gunung ini akan terlihat semakin spektakuler jika cuacanya sedang cerah. Ketinggiannya yang hanya 1.802 mdpl memungkinkan kita untuk melihat kerlap – kerlip lampu kota Bogor.  Gunung Kencana merupakan tempat yang sangat pas untuk siapa saja — khususnya yang domisili di Bogor dan sekitarnya — untuk belajar mendaki. Tracknya yang tidak terlalu panjang namun cukup curam merupakan media yang pas untuk belajar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.