Pantai Alar, Dulunya Perkebunan Kelapa Namun Saat Ini Menjadi Pantai yang Indah

Indonesia memiliki ribuan pulau yang kaya akan alam dan pantainya. Tak jarang jika destinasi wisata di Indonesia terpusat pada daerah – daerah pesisir yang pantainya indah atau justru pulau itu sendiri. Dengan banyaknya pulau dan pantai di Indonesia menjadikan Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang menjual keindahan pantainya. Salah satu pantai yang menyuguhkan keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan pantai – pantai lainnya di Indonesia adalah Pantai Alar yang terletak di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan. Pantai Alar merupakan salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata favorit di Minahasa Selatan karena menawarkan wisata murah meriah bagi para pelancong.

Awalnya pada tahun 1998 hingga tahun 2001, Pantai Alar ini merupakan perkebunan kelapa Alar dan hingga saat ini wilayah tersebut sebagian besar nya masih terdapat perkebunan. Meskipun demikian, namun keindahan alam yang disuguhkan Pantai Alar sangat mempesona mulai dari hamparan pasir hitam yang dibalut dengan birunya air laut serta terpaan angin sepoi – sepoi membuat pengunjung akan betah di tempat tersebut. Indahnya sunset laut Manado bisa dinikmati dari pantai ini. Selain itu juga, wisatawan yang berkunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti piknik bersama keluarga atau berenang di pantai. Namun jika kamu ingin melakukan piknik di pantai tersebut harus membawa makanan sendiri dikarenakan kios – kios di sekitar pantai masih sangat sedikit dan hanya menyediakan menu seperti pisang goroho goreng serta makanan khas daerah yaitu Midal.

Di pantai ini juga terdapat banyak nelayan yang mencari nafkah dengan cara melepas jala pada malam hari. Pada tahun 2005 dibangun jalan di sepanjang Pantai Alar pada masa kepemimpinan Bupati Ramoy Markus Luntungan. Tak ada perbedaan yang signifikan, hanya saja saat ini sudah terdapat kios dan sudah adanya jalan. Saat ini, Pantai Alar menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan mulai dari anak – anak, remaja, dewasa, hingga orangtua. Untuk kios – kios yang berada di sekitar Pantai Alar sudah buka sejak pukul 8 pagi WITA hingga malam hari.

Pantai Alar bisa dijadikan sebagai salah satu obyek wisata untuk mengisi hari berlibur di akhir pekan apalagi pantai tersebut menyuguhkan suasana yang sejuk dan adem meskipun cuaca sedang panas. Ada satu lagi ‘bonus’ yang bisa kamu dapatkan yaitu pemandangan sunset yang indah, jika beruntung maka kamu bisa menyaksikan gradasi warna orange dan kuning yang menyebar disepanjang garis pantai yang memiliki pasir hitam. Tak heran jika kebanyakan dari para pengunjung adalah pasangan muda – mudi yang menyukai suasana romantis sambil menyantap menu yang disajikan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.