Gulai Asam Pedas Ikan Tapah, Kuliner Khas Melayu yang Menggugah Selera

Sebagai Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru merupakan kota yang mendapat julukan sebagai “Kota Bertuah” tersebut memiliki banyak sekali obyek – obyek wisata khas Suku Melayu yang wajib untuk kamu kunjungi seperti salah satunya adalah obyek wisata kuliner. Salah satu masakan khas Melayu yang wajib kamu coba adalah Gulai Asam Pedas Ikan Tapah. Kuliner tersebut menjadi salah satu sajian wisata kuliner andalan dan bayak sekali dicari oleh wisatawan yang sudah begitu akrab dengan kenikmatan dan kelezatan kuliner yang terbuat dari ikan tapah tersebut. Ikan Tapah memiliki ciri khas hampir mirip dengan ikan patin, begitu juga teksturnya.

Ikan Tapah memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa dagingnya yang lebih manis jika dibandingkan dengan ikan patin. Ikan Tapah merupakan salah satu jenis ikan khas dan tergolong ikan langka yang terdapat di Riau. Maka tak heran jika kuliner ini terbilang cukup mahal karena sulit sekali untuk mendapatkannya. Kolaborasi antara jenis ikan khas daerah ini dengan paduan masakan khas Melayu yang juga menjadi ikon Riau, memberikan citarasa masakan tersebut menjadi berbeda.

Menu ini diolah tanpa menggunakan santan dan mengedepankan menu makanan sehat maka dengan demikian tidak mengandung lemak yang banyak. Jadi kamu tak perlu khawatir akan adanya efek samping jika menikmati kuliner yang satu ini. Tekstur daging yang lembut dan manis membuat perpaduan kuah asam pedas nya menjadi nikmat di lidah. Keistimewaan serta citarasa khas Melayu tersebut memang tersimpan di dalam resep campuran yang telah diwariskan secara turun temurun pada bumbunya. Dengan perpaduan dari berbagai rempah – rempah alami mampu menciptakan kesan warna merah tua dan juga aroma yang begitu khas dan pastinya mampu menggugah selera makan kamu.

Selain itu juga tekstur daging yang sangat lembut yang menyentuh mulut menambah kenikmatan saat menyantapnya. Nah, untuk memastikan kesegarannya ikan tapah dipastikan masih hidup hingga pagi hari untuk diolah pada hari tersebut. Selain itu konsumen yang datang juga ditawarkan untuk memilih ukuran dari ikan yang dikonsumsi dan harganya nanti disesuaikan dengan berat ikan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.