Lima Tempat Wisata Kuliner yang Cocok Dikunjungi Selama di Bali

Bali merupakan salah satu obyek wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Selain wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga sangat suka mengunjungi Bali karena keindahan alam dan pantainya yang tiada dua nya. Pulau Dewata Bali memang menawarkan panorama alam dan sejumlah destinasi pariwisata yang menarik. Akan tetapi jangan lupa untuk turut melakukan wisata kuliner saat sedang di Bali. Ada banyak tempat makanan enak di Bali yang wajib kamu kunjungi saat berada disana. Nah, berikut ada beberapa tempat wisata kuliner yang cocok untuk kamu kunjungi selama di Bali.

1. Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku
Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku merupakan salah satu kuliner khas Bali yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Bali. Warung ini sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu dan dikelola oleh Ayu Ketut Metri dan saat ini rumah makan tersebut sudah ada cabang nya dimana – mana. Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku ini adalah sejenis nasi campur yang isian nya berisi daging ayam serta disajikan bersama telur, lawar, sate lilit, dan sambal matah. Salah satu ciri khas dari kuliner ini adalah rasa pedasnya yang menggugah selera makan. Suasana di Warung Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku Denpasar sangatlah nyaman karena terdapat banyak pepohonan yang rindang, Bunga Anggrek yang ditempel di dinding, Kolam Ikan Koi, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Kayu Jati No. 12, Ubud, Bali.

2. Kedai Ceret Denpasar
Kedai Ceret Denpasar merupakan sebuah rumah makan yang mengusung tema klasik Indonesia tempo dulu dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong asyik masa kini. Dekorasi yang unik dan jadul abis serta ditambah dengan promo – promo yang tidak ada habisnya membuat kedai ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Kedai Ceret Denpasar ini berada di Jalan Tukad Yeh Aya, Denpasar Selatan, Bali dan buka mulai pukul 11 siang hingga pukul 1 dini hari WITA. Harga yang ditawarkan di kedai ini pun bervariasi dan terbilang cukup murah yaitu mulai dari Rp. 2.500 hingga Rp. 24.000.

3. Sup Ikan Mak Beng
Setelah menikmati matahari terbenam dan lelah bermain – main di Pantai Sanur maka tak ada salahnya untuk mengisi perut di warung Sup Ikan Mak Beng yang kelezatannya sudah melegenda. Terletak tidak jauh dari Pantai Sanur atau hanya sekitar 20 meter sehingga tidak sulit untuk menemukan warung tersebut. Menu yang ditawarkan di warung ini hanya semacam paket ikan laut goreng dan sup ikannya tak ketinggalan seporsi nasi putih hangat. Untuk 1 porsi paket ikan adalah Rp. 28.000, harga yang sesuai untuk satu porsi ikan laut segar. Dan yang pasti semua orang yang pernah makan di sup ikan mak beng mengaku sangat puas dengan rasanya.

4. Warung Pak Bagong
Rumah makan selanjutnya yang bisa kamu kunjungi di Bali adalah Warung Pak Bagong yang berada di Desa Penglipuran, Bangli, Kintamani tepatnya di dekat Kantor Bupati Bangli. Menu andalan di rumah makan ini adalah Ikan Mujair yang ukurannya sebesar telapak tangan orang dewasa lengkap dengan bumbu spesial dan sangat nikmat jika makannya ditemani dengan sepiring nasi yang ditaburi dengan bawang goreng, sayur plecing kangkung, sambal bawang matah, sambal tomat, serta semangkuk sayur Jepang yang diisi dengan kacang merah.

5. Ayam Betutu Men Tempeh
Kuliner Ayam Betutu memang tak bisa dipisahkan dengan Pulau Bali karena hampir di seluruh wilayah di Bali terdapat menu yang satu ini. Kalau kamu sedang berada di kawasan Pelabuhan Gilimanuk, jangan lupa untuk mampir ke Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh yang lokasinya berada di dalam Terminal Lama di seberang Pasar Gilimanuk. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyuguhkan Ayam Betutu sebagai menu utamanya. Namun Ayam Betutu di rumah makan tersebut lain dari pada yang biasa di temukan karena daging ayamnya yang lunak dan bumbunya begitu meresap hingga ke bagian tulang. Selain ayam betutu, rumah makan ini juga menyediakan porsi hati ampela. Biasanya rumah makan Men Tempeh mulai melayani para pengunjungnya dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore setiap hari. Lokasi nya berada di Jalan Melati, Gilimanuk, Kabupaten Jembrana atau di kawasan Taman Nasional Bali Barat dan Pemuteran.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.