Selain Bakpia, Ini Empat Oleh – Oleh Khas Yogyakarta yang Bisa Kamu Bawa Pulang Loh!

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang paling bersejarah bagi Indonesia. Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Pelajar ini menyimpan banyak sekali kekayaan budaya, termasuk makanan khas Yogyakarta  yang telah turun temurun dilestarikan pada anak cucunya. Berlibur ke Kota Jogja memang sangat menyenangkan karena berbagai obyek wisata bisa kamu kunjungi selama berlibur di Kota Jogja. Namun saat kembali ke daerah, tentunya kamu tak ingin kenangan selama di Kota Jogja hilang begitu saja kan? Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap dapat mengingat Kota Jogja adalah membeli oleh – oleh khas Kota Pelajar tersebut.

Tak hanya barang – barang saja yang bisa dijadikan oleh – oleh, namun kamu juga bisa membawakan oleh – oleh berupa panganan atau jajanan khas Jogja. Ada banyak sekali panganan khas Jogja yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh selain bakpia untuk orang – orang terkasih dirumah. Berikut beberapa makanan khas asli Kota Jogja yang bisa kamu beli di berbagai sudut Kota Jogja.

1. Gudeg

Rasanya sudah tak asing lagi ketika mendengar kuliner khas Jogja yang satu ini yaitu Gudeg. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini terbuat dari nangka muda atau gori yang dimasak dengan menggunakan santan. Membutuhkan waktu berjam – jam untuk memasak Gudeg ini agar menghasilkan warna cokelat dan biasanya memasaknya menggunakan daun jati. Gudeg ini disajikan bersama nasi dan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Gudeg ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Gudeg Basah dan Gudeg Kering. Namun yang lebih cocok untuk dijadikan sebagai oleh – oleh adalah Gudeg Kering.

2. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo merupakan salah satu oleh – oleh baru yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Kota Yogyakarta. Cokelat bergaya swiss ini diproduksi di Kota Gede, Yogyakarta dan saat ini sudah memiliki dua showroom yaitu di Kota Gede dan satu lagi di Tirtodipuran. Cokelat Monggo ini diracik oleh orang Belgia bernama Thiery Detournay. Meskipun yang meracik cokelat tersebut orang belgia namun bahan baku biji cokelat nya asli dari Indonesia. Cokelat Monggo ini memiliki berbagai macam varian rasa seperti Dark, Praline, dan lain sebagainya.

3. Kaus Dagadu

Siapa sih yang tidak kenal dengan Dagadu? Kaus berlogo mata ini begitu popular di kalangan wisatawan Yogyakarta bahkan kunjungan ke Jogja tidak lengkap jika belum membeli kaus Dagadu. Mechandise otentik ini hanya bisa di beli di tiga tempat yang tersebar di Yogyakarta seperti Posyandu (Pos Pelayanan Dagadu) yang berada di lower ground Malioboro Mall, Posyandu 2 dipojok Alun – alun Utara serta Yogyatourium di Gedong Kuning. Namun ada juga yang dijual di sekitar Jalan Malioboro yang dijual dengan harga miring.

4. Kerajinan Perak Kotagede

Kotagede di Yogyakarta merupakan sentra kerajinan perak yang cocok untuk dikunjungi ketika berlibur di Kota Jogja. Kerajinan perak menjadi salah satu tempat berkunjungnya para wisatawan untuk menikmati berbagai perhiasan kerajinan seperti kalung, cincin, dan anting yang terbuat dari perak murni. Selain perhiasan, disana juga terdapat beraneka ragam pernak – pernik yang bisa dijadikan sebagai hiasan rumah. Tempat ini menawarkan berbagai kerajinan perak dengan harga cukup terjangkau.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.