Ketoprak Kuburan, Kuliner Unik yang Pas Untuk Mengganjal Perut di Malam Hari

Selain terkenal dengan obyek wisata alam dan wisata belanjanya, Kota Yogyakarta juga sangat terkenal dengan kuliner khasnya. Berbicara mengenai kuliner khas Yogyakarta memang tak akan ada habisnya, karena menu – menu baru saat ini banyak bermunculan. Sebut saja salah satunya Ketoprak Kuburan yang saat ini sedang nge – hits. Jika selama ini menu ketoprak yang dijajakan di Jogja lebih populer sebagai hidangan santap siang, namun berbeda dengan Ketoprak Kuburan yang disajikan pada malam hari. Ketoprak Kuburan ini bisa kamu temui di Jalan HOS Cokroaminoto, Wirobrajan, Yogyakarta atau lebih tepatnya berada di sebelah selatan Pasar Klitikan.

Ketoprak Kuburan ini sudah ada sejak tahun 2012 lalu, sang pemilik yang bernama Arief Prastowo menuturkan jika awalnya ia membuka warung di depan kuburan Kuncen sehingga warung ketopraknya saat ini diberi nama dengan Ketoprak Kuburan. Selain rasanya yang sangat lezat, namanya yang cukup unik membuat para pengunjungnya penasaran. Belum lagi mengetahui bahwa tempat etrsebut sedang hits, jadi tak ada alasan untuk tidak datang berkunjung. Setibanya di lokasi tampak mobil VW Combi dengan modifikasi yang menarik sedang menjajakan menu ketoprak tersebut. Jika kamu memesan seporsi ketoprak maka akan disajikan dengan satu porsi yang berisikan lontong yang ditambahkan dengan bcampuran bihun, tauge, tahu dan kemudian di siram dengan bumbu kacang lalu diberi taburan bawang goreng dan kerupuk.

Rasa gurih nan pedasnya benar – benar memikat. Isian bihun, tauge, dan tahunya menjadi pelengkap sekaligus penambah kelezatan rasa menu ini. Kehadiran tiga isian ini tidak saja berhasil menambah kelezatan rasa namun juga memperkaya rasa yang ditawarkan oleh menu sederhana ini. Meski disajikan dengan bumbu kacang, komposisi rasanya yang pas membuatnya seimbang dan tak terlalu berat untuk disantap di malam hari. Meski terletak hanya di ember sebuah gerai sepeda yang sudah tutup namun suasana yang dihadirkan cukup nyaman.

Ketoprak Kuburan buka mulai pukul 6 sore hingga pukul 11 malam WIB. Jika tak ingin kehabisan, kamu bisa datang di awal waktu atau tidak kemalaman karena biasanya sebelum jam 11 malam ketoprak ini sudah ludes oleh pembeli. Untuk harga seporsi ketoprak komplit (dengan telur) hanya dibandrol Rp 12 ribu, sedang ketoprak tanpa telur Rp.10 ribu. Setelah menyantap menu ini, saya merasa kenyang dan terpuaskan. Secara rasa, suasana, dan harga semuanya memuaskan. Ngga mengherankan jika gerai ini dalam waktu yang cepat meroket dan menjadi sangat populer. Salah satu gerai yang wajib dikunjungi jika sedang berburu kuliner di malam hari.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.