Jalan – Jalan ke Medan, Jangan Lupa Bawa Oleh – Oleh khas Medan Berikut Ini Ya!

Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Berkunjung ke Medan akan menjadi pengalaman seru bagi kamu, pasalnya berbagai destinasi wisata bisa kamu kunjungi selama disana seperti salah satunya adalah wisata kuliner. Berbicara mengenai kuliner khas Medan, banyak sekali kuliner atau produk yang khas untuk dijadikan sebagai oleh – oleh sebelum kembali pulang. Penasaran dengan kuliner khas Medan? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Bolu Meranti

Kue bolu yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat. Bolu Meranti memiliki beraneka ragam varian rasa mulai dari nanas, mocca, blueberry, strawberry, hingga keju. Jika berkunjung ke Medan, kuliner ini bisa menjadi salah satu oleh – oleh yang pas di bawa pulang, tak perlu khawatir akan basi karena Bolu Meranti dapat bertahan hingga 3 hari di dalam lemari es. Lokasi gerai Bolu Meranti berada di Jalan Kruing No. 2K dan Jalan Sisingamangaraja No. 19 B.

2. Kacang Goreng Sihobuk dari Tarutung

Nah, untuk kamu yang sedang melakukan perjalananan atau berwisata di Danau Toba, khususnya saat berada di Kota Tarutung jangan lupa membeli oleh – oleh yang satu ini ya! Kacang ini diberi nama Sihobuk karena berasal dari Desa Sihobuk, Pearaja, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Nama tersebut sudah menjadi merk dagang yang dikenal sebagai oleh – oleh dari Tarutung, bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara. Kacang Sihobuk menjadi terkenal karena memang rasanya yang khas dibanding kacang produk daerah lain. Kenapa bisa demikian? Pembuatan makanan ini memang berbeda dengan di daerah lain, di Sihobuk pembuatannya dilakukan dengan cara tradisional dan caranya lain dari pada yang lain, walau bahannya sama -sama terbuat dari kacang tanah.

3. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang termasuk salah satu andalan dari Sumatera Utara. Aromanya yang khas –dan bagi sebagian besar penggemar kopi nikmat– disebut sebagai daya tariknya. Sidikalang sendiri merupakan ibukota kabupaten Dairi yang berada di daerah pegunungan yang beriklim sejuk. Daerahnya yang berdekatan dengan kawasan Bukit Barisan memberikan keuntungan karena menyebabkan tanahnya sangat subur.

4. Kain Ulos

Kain ulos merupakan kain yang khas dari Sumatera Utara dan menjadi salah satu kebanggan masyarakat Medan. Hampir sama seperti kain batik dari Yogyakarta atau Pekalongan. Kain ulos sangat wajib dikenakan saat acara seperti ritual upacara pernikahan, penyambutan tamu, hingga pemakanan. Bentuk kain ulos adalah selendang panjang yang biasa dipakai di badan atau bisa juga diikatkan di kepala. Pada umumnya, kain ulos berwarna merah dengan corak putih dan hitam. Proses untuk bisa membuat kain ulos ini sungguh panjang, rumit, dan memakan waktu lama. Namun harga jualnya cukup tinggi. Tempat yang bisa kamu jujuki untuk membeli kain ulos sebagai oleh oleh khas Medan terbaru adalah di Jln. MT. Haryono. Umumnya kain ulos berwarna merah, hitam dan putih. Cara pembuatannya yang masih tradisional dan coraknya yang bernilai seni tinggi membuat harga kain ulos cukup mahal.

5. Pancake Durian

Sebagai buah yang melimpah di kota Medan rasanya tak lengkap bila tak mencicipi olahan durian unik berupa Pancake durian. Olahan ini memiliki rasa manis, apalagi ada daging buah durian yang sangat banyak, membuatnya begitu manis dan lembut di mulut. Jika ingin merasakan sensasi seperti itu, maka tempat paling tepat adalah Durian House yang berada di Jalan Sekip, No. 67 H, Medan Petisah. Walaupun masih ada toko-toko lain dengan olahan Pancake Durian, namun Durian House adalah produsen paling top.

Share this:

One comment, add yours.

Medan memang OKE..
Semua ada. Datang dan nikmati keindahan wisata di Medan

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.