Hal – Hal yang Bisa Dilakukan Selama Berkunjung ke Pantai Depok Yogya

Destinasi wisata pantai di Yogyakarta tak hanya Pantai Parangtritis saja yang terkenal namun masih ada sejumlah pantai – pantai indah di Yogyakarta yang wajib untuk kamu singgahi seperti salah satunya adalah Pantai Depok Yogya. Lokasinya yang tak jauh dari Pantai Parangtritis membuat pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang tak kalah menariknya dengan Pantai Parangtritis.

Akses ke Pantai Depok Jogya

Pantai Depok Yogya terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini jangan khawatir takut kesasar, pasalnya di sepanjang jalan menuju pantai ini terdapat sejumlah papan petunjuk jalan menuju Pantai Depok atau pantai – pantai lainnya. Akses jalannya pun terbilang tidak terlalu sulit, jadi kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi destinasi wisata ini.

Pesona Alam

Keindahan alam yang disuguhkan di Pantai Depok Yogya ini pun tak kalah menariknya dengan Pantai Parangtritis. Yang memmbedakan pantai ini dengan Pantai Parangtritis adalah fasilitas delman. Meskipun tak adanya delman bukan berarti mengurangi keindahan pantai ini, namun disini kamu bisa lebih leluasa berjalan – jalan di pinggir pantai yang memiliki luas sekitar 2 kilometer. Pasir pantai nya yang berwarna cokelat dibalut dengan biru nya air laut menambah nilai tambah untuk pantai ini. Apalagi mengingat deburan ombaknya yang tidak terlalu besar maka kamu bisa bermain air di pantai namun tetap harus berhati – hati. Ada baiknya jika kamu tidak berenang dan bermain ke tengah laut.

Yang Khas dari Pantai Depok Yogya

Sama seperti pantai – pantai pada umumnya, di kawasan pantai ini juga terdapat beberapa warung yang berjejer yang bisa untuk kamu singgahi. Kuliner seafood adalah kuliner yang sangat khas di kawasan pantai ini misalnya saja kuliner ikan bakar. Uniknya lagi, kamu bisa memilih sendiri ikannya yang mau dimasak dari Tempat Pelelangan Ikan. Memasak ikan sendiri atau dimasak dengan restoran tentunya akan menjadi salah satu sensasi tersendiri. Posisi restoran juga dibuat menghadap ke arah laut, dengan demikian Anda dan keluarga dapat menikmati ikan yang telah dimasak sekaligus menikmati pemandangan laut yang menarik. Adapun tips untuk dapat menikmati ikan di kawasan ini adalah :

1. Cari tempat makan yang enak dan juga nyaman untuk kamu dan keluarga

2. Pilih ikan yang masih segar, seperti matanya masih bersih dan jernih, tidak mengeluarkan bau amis yang menusuk, dan lain – lain.

3. Ada baiknya jika menghindari antrian ketika hendak memasak menu ikan yang diingkan, sebaiknya kamu mengunjungi kawasan ini pada pagi hari. Semakin siang, tentunya antrian untuk memasak ikan akan semakin panjang.

4. Tips khusus untuk kamu yang ingin mengunjungi kawasan ini adalah jangan datang pada hari Selasa kliwon atau Jumat kliwon, karena pada hari tersebut para nelayan tidak melaut atau libur. Hal tersebut di karenakan ada kaitannya dengan kerpecayaan masyarakat setempat.

Fasilitas

Untuk memasuki kawasan ini, kamu hanya perlu membayar Rp 4.000 untuk motor dengan 2 orang penumpang, sedangkan mobil hanya membayar Rp 5.000 per orang. Adapun fasilitas yang ada di tempat ini adalah Tempat Pelelangan Ikan, jadi jika kamu yang ingin mendapatkan ikan segar untuk oleh – oleh maka kamu dapat mengunjungi tempat ini. Di kawasan ini juga terdapat satuan polisi dan life guard yang selalu siap jika terjadi hal -hal yang tidak diinginkan. Nah, untuk kamu yang ingin menikmati sensasi makan ikan di pinggir pantai maka tak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Depok Yogya.

Share this:

Leave a comment