Kuliner khas Yogyakarta yang Wajib Untuk Dijadikan Oleh – Oleh Untuk Keluarga, Teman atau Sahabat

Berkunjung ke suatu daerah rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner yang ada di kota tersebut. Apalagi jika berkunjung ke Kota Yogyakarta. Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Pelajar ini menyimpan sejumlah obyek wisata yang wajib untuk dieksplore mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja dan tak ketinggalan juga yaitu mencicipi jajanan khas Yogyakarta yang sudah melegenda. Nah, untuk kamu yang berencana atau sedang berkunjung ke Kota Jogja jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Yogyakarta atau juga bisa membelinya sebagai oleh – oleh yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga, teman, atau sahabat. Berikut ada beberapa jajanan khas Yogyakarta yang sangat melegenda dan wajib banget kamu cicipi. Diantaranya adalah:

Bakpia Pathuk

Berlibur ke Yogyakarta rasanya belum lengkap jika kita belum membeli camilan khas Yogyakarta yang sudah sangat terkenal yaitu Bakpia Pathuk. Camilan manis ini berisi kacang hijau dan telah menjadi oleh – oleh wajib bagi setiap orang yang berkunjung ke Yogyakarta. Selain rasanya yang enak dan lezat, camilan ini memiliki berbagai macam rasa seperti bakpia cokelat, bakpia keju, bakpia nanas, bakpia durian, dan lain sebagainya. Untuk harganya pun cukup terjangkau tergantung dari varian rasa yang dipilih.

Gudeg Yogyakarta

Nah, kalau kuliner yang satu ini sudah sangat khas banget dengan Kota Yogyakarta yaitu Gudeg Jogja. Pastinya sudah tak asing lagi dengan kuliner yang cukup melegenda ini. Kuliner ini terbuat dari nangka ataupun gori yang tentunya siap memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya. Dengan cita rasa yang khas kan membuat siapa saja yang menikmatinya akan ketagihan.

Geplak

Geplak merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal dengan rasa yang sangat manis. Merupakan makanan tradisional yang berasal dari Bantul, Yogyakarta. Makanan ini biasanya berbentuk bulat dengan warna – warna menarik seperti merah muda, hijau, putih maupun coklat. Karena rasanya yang memang manis kue tradisional ini sudah sangat terkenal sehingga sampai saat ini kue manis dan imut ini sudah diusahakan di luar kota Bantul. Makanan ini biasa dijadikan oleh – oleh khas jika kamu sedang berkunjung ke kota Istimewa Yogyakarta, makanan ini awet berhari – hari sehingga untuk kamu yang ingin membawa oleh – oleh khas kota Jogja ini tidak perlu khawatir oleh – oleh nya busuk jika dibawa ke luar kota.

Sate Klathak

Sate klatak ini memang sangat khas, yang mana potongan daging kambing yang cukup besar serta tusuk satenya dari jeruji besi sepeda. Sate tersebut memiliki citra rasa yang sedikit asin akan tetapi gurih dan disajikan tanpa sambal kecap. Berbeda halnya dengan menu sate pada umumnya, untuk satu porsi sate klathak ini disajikan dua tusuk sate saja, tapi selain potongan daginya cukup besar, dalam satu tusuk sate isinya juga lumayan banyak lho.

Share this:

Leave a comment