Obyek Wisata Jawa Tengah yang Bisa Dikunjungi Ketika Akhir Pekan Tiba

Bagi warga Jawa Tengah menikmati waktu liburan bersama keluarga tidak mesti jauh – jauh ke luar negeri karena ternyata ada banyak sekali obyek wisata di berbagai daerah di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Masing – masing kabupaten dan kota di Jawa Tengah memiliki obyek wisata masing – masing yang tak kalah menariknya dengan dengan tempat wisata yang ada di Mancanegara. Provinsi yang beribukota di Semarang ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara dan Samudera Hindia di sebelah selatan. Jika kamu ada yang berencana ingin berlibur ke Jawa Tengah, berikut ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Candi Borobudur

Rasanya sudah tak asing lagi dengan salah satu Warisan Dunia UNESCO yaitu Candi Borobudur. Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia yang letaknya berada di Magelang, Jawa Tengah. Selain menjadi obyek wisata, candi ini ini juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Budha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Candi ini dibangun oleh penganut Budha Mahayana pada tahun 800 Masehi. Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Bangunan raksasa ini hanya berupa tumpukan balok baru raksasa yang memiliki ketinggian total 42 meter.

2. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan Taman Nasional Laut di Kepulauan Karimunjawa sekitar 120 km utara Semarang, Jawa Tengah. Kepulauan ini memiliki 27 pulau dengan luas wilayah Taman 110. 117 Ha dan hanya 4 pulau yang dihuni yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Menjangan Besar dan Pulau Menjangan Kecil. Taman Laut Nasional Karimunjawa memiliki lima tipe ekosistem yaitu: hutan bakau, padang lamun dan rumput laut, hutan pesisir, hutan hujan tropis dan terumbu karang. Dengan Keanekaragaman hayati yang luar biasa yaitu: ada 44 jenis tanaman bakau, 11 jenis rumput laut, 9 jenis ganggang laut, 444 jenis ikan, dan 176 jenis karang.

3. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng menjadi bagian dari dua wilayah yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Berada pada ketinggia 2.000 mdpl, Dataran Tinggi Dieng memiliki suhu udara berkisar 12 sampai 20 derajat celcius di siang hari dan 6 sampai 10 derajat celcius di malam hari. Sejumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Dataran Tinggi Dieng antara lain Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Telaga Warna, dan sebagainya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.