Lima Obyek Wisata Alam di Kota Yogyakarta yang Bisa Membuat Liburan Kamu Lebih Menyenangkan

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan usia mulai dari anak – anak hingga dewasa. Berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah bagian Selatan, Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan bisa dijadikan sebagai salah satu obyek wisata untuk mengisi akhir pekan. Sebagian orang memilih Jogja sebagai tempat berlibur karena Jogja merupakan kota yang nyaman, tenang dan menarik untuk liburan.

Pilihan Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Eksotis

Tak hanya sampai disitu saja, namun transportasi dan akomodasi di Kota Jogja cukup lengkap dan biaya yang dikeluarkan pun cukup terjangkau. Berbagai obyek wisata bisa kamu temukan di Kota Jogja mulai dari obyek wisata alam, obyek wisata belanja, obyek wisata edukasi, obyek wisata sejarah hingga obyek wisata kuliner yang menakjubkan dan sayang sekali jika dilewatkan. Nah, berikut ada beberapa lokasi wisata di Kota Jogja yang bisa jadi rekomendasi kamu jika ingin berlibur di Kota Pelajar tersebut.

1. Puncak Kosakora
Puncak Kosakara merupakan salah satu bukit karang yang ada di tepi Pantai Gunungkidul. Di puncak bukit Kosakara terdapat hamparan rumput yang luas dengan pemandangan laut lepas. Puncak Kosakara ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul atau lebih tepatnya berada di kawasan sebelah timur Pantai Drini. Keindahan  alam yang disuguhkan di Puncak Kosakara sangat mempesona dan kini Puncak Kosakara menjadi salah satu spot foto selfie yang paling ngehits di kalangan anak muda Yogyakarta. Selain menyughkan keindahan alam yang mempesona, di Puncak Kosakara ini kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian, melihat indahnya sunrise dan sunset. Jika ingin berkunjung ke lokasi wisata tersebut maka kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 2 ribu saja setiap orangnya.

2. Kebun Buah Mangunan
Ingin berkunjung ke negeri atas awan? Datang saja yuk ke obyek wisata yang satu ini yaitu Keun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan berada di Kecamatan Dlingo, Bantul atau lebih tepatnya dekat dengan kawasan Imogiri. Kebun Buah Mangunan mulai dibangun oleh pemerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2003. Lokasi nya berada di ketingggian sekitar 150 – 200 mdpl dengan luas area mencapai 23, 3 hektar. Obyek utama dari Kebun Buah Mangunan adalah puncaknya yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari ketinggian pun kamu bisa melihat keindahan Sungai Oya yang air nya berwarna hijau toska dan bening. Di puncak Kebun Buah Mangunan ini juga terdapat gardu pandang yang lokasinya berada di sebelah selatan. Tak hanya itu saja, namun disini juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan seperti gedung pertemuan, penginapan, kolam renang, hingga kantor manajemen.

3. Punthuk Setumbu
Obyek wisata Jogja selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Punthuk Setumbu yang dimana Punthuk Setumbu ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merapi Merbabu. Berada di ketinggian sekitar 400 mdpl di gugusan Pegunungan Menoreh membuat obyek wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Untuk bisa menuju ke atas bukit maka kamu harus trekking sekitar 30 menit lamanya dengan menyusuri area jalanan setapak. Berbagai fasilitas pun disediakan di kawasan Punthuk Setumbu mulai dari toilet, warung kopi, beserta gazebo. Untuk memasuki kawasan tersebut, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 15 ribu saja maka kamu sudah bisa menikmati berbagai panorama alam yang menakjubkan.

4. Kalibiru
Tentunya sudah tak asing lagi dong dengan obyek wisata yang satu ini yaitu Kalibiru. Kalibiru merupakan sebuah obyek wisata alam yang berada di daerah Kulonprogo dan menyuguhkan keindahan berupa wisata hutan alam di ketinggian 450 mdpl. Dari puncaknya, para wisatawan yag datang bisa melihat pemandangan perbukitan di bukit menoreh sekaligus dapat melihat Waduk Sermo. Lokasi tempatnya cukup sejuk dan juga akses perjalannya yang mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi sehingga obyek wisata yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu juga, disana terdapat beberapa fasilitas seperti tempat makan, tempat pertemuan, tempat menginap, masjid, toilet, dan lain sebagainya.

5. Gumuk Pasir
Sebuah fenomena alam yang langka dan satu – satunya yang ada di Asia Tenggara adalah Gumuk Pasir Parangtritis. Gumuk Pasir ini berupa bukit – bukit atau gundukan pasir seperti padang gurun yang terdapat di Timur Tengah. Pasir-pasir ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh arus Kali Opak dan Kali Progo. Pada awalnya, masyarakat sekitar tidak melihat suatu hal yang unik dari tempat ini. Namun setelah diadakan berbagai penelitian, barulah mereka sadar bahwa mereka tinggal di salah satu warisan dunia. Jika kamu ingin pergi ke tempat wisata alam di Jogja ini bisa maka bisa berkunjung ke Desa Parangtritis sekitar 30 km atau dengan waktu tempuh 40 menit dari jantung kota Yogyakarta dengan berkendara.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.