Temukan Perbedaan Menu, Rasa, dan Tampilan Nasi Kapau Dengan Nasi Padang Pada Umumnya

Nasi kapau dan nasi padang memiliki beberapa perbedaan meskipun sama – sama berasal dari Ranah Minang. Tak ada salahnya jika mencicipi nasi padang dan nasi kapau lalu rasakan perbedaannya. Rumah makan padang tersebar di seluruh Nusantara mulai dari kota – kota besar hingga daerah terpencil sekalipun. Tak heran jika ada rumah makan yang menyajikan nasi padang dan ada juga yang menyajikan nasi kapau. 

Perbedaan yang pertama antara nasi padang dan nasi kapau adalah yang pertama nasi kapau dijual langsung oleh orang asli Kapau. Kapau sendiri merupakan nama nagari (desa) yang terletak di Kabupaten 50 Kota. Biasanya warga lokal menyebut warteg ini sebagai Rumah Makan Nagari Kapau. Perbedaan lainnya yang bisa kamu temukan adalah pada menu, biasanya menu – menu yang disajikan di rumah makan Padang dipajang di etalase namun lain halnya dengan nasi kapau yang dipajang di atas meja dan letaknya pun lebih rendah dari si penjual nasi kapau tersebut. Oleh karena itu, pelancong yang ingin mencicipi nasi padang bisa langsung memilih menu dari etalase kaca. Lain halnya dengan nasi kapau, kita harus masuk dahulu ke restorannya untuk memilih menu.

Untuk soal rasa, ada satu hidangan yang memiliki cita rasa yang berbeda yaitu Gulai Kapau. Gulai Kapau ini berbahan dasar kol, nangka, serta kacang panjang. Kuah dari Gulai Kapau ini berwarna kuning dan ada cita rasa sedikit asam, itulah yang otentik dari gulai kapau yang disantap bersama satu lauk seperti olahan ikan, ayam, daging atau hidangan khas Kapau lainnya yaitu rendang ayam. Rendang merupakan cara memasak bukan makanan dan setiap daerah di Sumatera Barat memiliki rendang khas masing – masing misalnya Kapau yang memiliki rendang ayam sebagai ciri khasnya.

Selain gulai kapau menu khas lainnya yang menjadi andalan dari nasi kapau adalah gulai tambunsu. Gulai Tambunsu ini merupakan hidangan yang berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telur dan tahu. Untuk kamu yang berdomisili di Kota Jakarta maka tak ada salahnya berkunjung ke Jalan Kramat Raya tepatnya di bawah flyover, disana terdapat deretan gerai nasi kapau yang bisa kamu datangi. Disaat Bulan Ramadhan seperti ini, mayoritas gerai nasi kapau sudah buka sejak pukul 15.00 WIB hingga dini hari keesokan harinya. Cobalah berbuka puasa, atau makan sahur di salah satu gerainya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.