Mengisi Waktu Liburan Dengan Berkunjung Ke Kebun Binatang Mangkang

Bagi Anda yang masih bingung menghabiskan waktu libur bersama keluarga maka sesekali bisa berkunjung ke Taman Margasatwa. Di Kota Semarang terdapat Taman Margasatwa yang cukup dikenal yaitu Kebun Binatang Mangkang. Kebun binatang tersebut lokasinya berada di Jalan Walisongo KM 17 atau lebih tepatnya berada di seberang Terminal Mangkang. Luas Kebun Binatang Mangkang mencapai sepuluh hektar maka tak heran jika di kebun binatang tersebut kamu bisa menjumpai gajah, burung beo, rusa tutul, dan lain sebagainya.

Menyusuri jalan setapak berpaving, Anda akan menjumpai Gajah Sumatera yang memiliki gading cukup panjang dan juga sekawanan rusa tutul yang dibiarkan di kandang yang luas dan dibuat menyerupai habitat aslinya. Sebelum melanjutkan perjalanan, Anda yang membawa anak – anak bisa menikmati berbagai macam wahana permainan anak yang berada di area yang cukup luas ini sambil beristirahat sejenak. Permainan nya pun beraneka ragam seperti perosotan, ayunan, jungkat jungkit, dinding panjat, atau jembatan jala. Mungkin untuk kamu yang menyukai wahana permainan yang menantang bisa juga mencoba flying fox. Setelah puas menikmati semua wahana permainan maka Anda bisa melanjutkan safari satwa dengan melihat koleksi buaya, beruang madu, macan Sumatera, lutung, burung merak hingga elang hitam yang sangat sayang jika dilewatkan.

Koleksi satwanya pun cukup banyak sehingga sangat membantu para orangtua untuk mengenalkan beragam satwa kepada anak. Namun sangat disayangkan sekali jika melihat kandang yang kurang terawat dan terkesan kumuh. Tak hanya sebagai sarana edukasi dan konservasi saja namun kebun binatang ini juga menjadi pusat rekreasi seperti permainan di darat dan ada juga wahana air berupa sewa perahu seharga Rp 3.000 per orang, becak air Rp 5.000 per orang dan waterboom yang memiliki tiket masuk Rp 10.000 per orang. Di dekat pintu keluar, ada juga permainan rumah balon, mandi bola, kereta mini dan bianglala. Tarifnya mulai Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per anak.

Tak perlu bingung mencari tempat makan jika lapar selepas bermain atau berkeliling. Anda bisa mampir di pusat jajanan yang menawarkan beragam menu dan minuman. Juga, ada pusat oleh – oleh di sepanjang jalur keluar. “Wahana permainan yang tersedia cukup beragam. Dewasa yang datang juga bisa ikut menikmati suasana yang teduh lewat beberapa permainan,” kata Ridha, pengunjung asal Kaliwungu, Kendal. Untuk menikmati koleksi satwa yang ada, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.000 di akhir pekan atau libur nasional. Harga tiket tersebut berlaku untuk anak-anak dan dewasa. Namun jika Anda datang berombongan atau minimal 10 orang, pengelola akan memberi diskon.

Kebun binatang yang buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB ini juga menyediakan fasilitas berupa toilet umum dan mushola. Tersedia pula lahan parkir yang cukup luas.
Tarif parkir untuk roda dua Rp 1.000 dan mobil Rp 2.000. Sementara, tiket parkir untuk kendaraan lebih dari empat roda Rp 7.000. Untuk Anda yang datang dari arah Semarang kota, untuk sampai di kebun binatang ini, bisa naik BRT sampai Terminal Mangkang.
Perjalanan dilanjutkan jalan kaki sekitar 200 meter. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Arahkan kendaraan Anda ke jalur Kendal (tidak lewat tol). Taman margasatwa ini terletak di sisi kiri jalan atau seberang Terminal Mangkang. Begitu pula Anda yang dari arah Kendal, arahkan kendaraan ke Kota Semarang (Tidak lewat tol). Tepat sebelum sampai Terminal Mangkang, belok ke arah kanan jalan atau menyeberang jalan

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.