Berkunjung Bersama Keluarga Kemana Nanti Saat Mudik Lebaran?

Memanfaatkan moment libur lebaran yang lumayan panjang tentunya lebih maksimal ketika dihabiskan untuk berwisata bersama keluarga. Mudik ke kampung halaman tentu akan terasa kurang mantap jika dihabiskan berdiam diri di rumah kelahiran. Mayoritas pelaku mudik akan mengunjungi beberapa destinasi wisata terdekat bersama keluarga besar. Toh, kapan lagi kalau bukan lebaran bisa berkumpul dan tertawa bersama dengan semua anggota keluarga?

Liburan saat Mudik Lebaran

Maka nyaris setiap tahunnya acara mudik lebaran selalu dikombinasikan dengan kunjungan wisata di berbagai tempat. Maka menjadi pemandangan yang sangat mudah dijumpai ketika obyek wisata saat lebaran selalu dibanjiri pengunjung. Masyarakat yang mudik ke Pulau Jawa ternyata berdasarkan data dari Tiket.com memiliki minat ke tiga tempat untuk berwisata selama libur lebaran. Tiga destinasi tersebut antara lain Bandung, Cirebon, dan juga Yogyakarta yang semuanya merupakan destinasi wisata favorit sepanjang tahun.

Data ini diungkapkan langsung oleh Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com yakni Gaery Undarsa. Data pemesan tiket media transportasi hingga tanggal 4 April menunjukkan bahwa pengunjung situs Tiket.com memiliki tujuan terbanyak di tiga kota tersebut. Rute perjalanan menuju ke Bandung, Cirebon, maupun Yogyakarta sepanjang tahun 2016 nanti pun menjadi populer. Peningkatan pengunjung akan terjadi sampai pada moment hari raya Idul Fitri tahun ini, dimana libur panjang tahunan dinikmati hampir semua orang.

Beliau juga mengungkapkan bahwa sebagian besar pengunjung dan pengguna jasa situs Tiket.com memesan tiket kereta api. Hal ini nampak mencolok sebab situs pemesanan tiket perjalanan ini juga melayani pemesanan tiket pesawat, hotel, dan rental kendaraan roda empat. Kereta api kini lebih banyak dijadikan pilihan pengguna layanan transportasi umum karena berbagai alasan. Salah satunya adalah dari segi efisiensi waktu, sebab kereta api tidak mungkin terkena macet seperti halnya naik bus atau membawa mobil pribadi.

Kemungkinan pemberangkatan terlambat dan penumpang terlantar akibat keterlambatan atau pembatalan keberangkatan sangat kecil. Jikalaupun ada gerbong yang mengalami kerusakan maka pihak PT KAI akan memanfaatkan gerbong alternatif. Ketika pengguna jasa layanan ini membludak dan banyak yang tidak kebagian tiket, akan ada gerbong tambahan. Pilihan kelas penumpang kereta api pun beragam, dan tentunya sangat jauh lebih murah dibandingkan naik pesawat. Kini datang ke kota beda provinsi bisa hanya beberapa jam dengan biaya murah bersama kereta api.

Mayoritas pemesan tiket kereta api di Tiket.com pun memilih kelas ekonomi, dengan jalur kereta beragam. Sebagian besar memilih kereta dengan jurusan atau jalur Jakarta atau Surabaya dengan destinasi beragam. Peningkatan layanan di armada kereta api menjadi salah satu pendukung mengapa banyak orang beralih ke transportasi ini. Pasalnya dahulu pengguna layanan kereta api rela tidak kebagian tempat duduk meski memegang tiket resmi dari loket. Namun kini dengan sistem yang diperbaharui, pemegang tiket dipastikan mendapatkan tempat duduk.

Jauh lebih aman lagi bahwa pembeli wajib menyertakan nomor kartu identitas dan menunjukkannya kepada petugas. Sebelum bisa masuk ke gerbong kereta, kondisi ini membuat layanan kereta api lebih bebas dari calo. Penumpang pun nyaman dan aman sekaligus mampu sampai ke destinasi tujuan dalam hitungan tempo yang singkat. Tiga bulan menjelang lebaran tiba pemesan tiket kereta api di Tiket.com memang meningkat pesat. Sebab pemesanan tiket bisa dilakukan maksimal 90 hari dari jadwal pemberangkatan kereta tersebut, sehingga sudah banyak yang mulai melakukan pemesanan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.