Menu Legendaris Untuk Berbuka yang Bisa Ditemukan di Pasar Kauman

Saat Bulan Ramadhan tiba, banyak sekali menu berbuka puasa yang bermunculan seperti di salah satu kota ini yaitu Kota Yogyakarta. Di kota tersebut pun ada banyak kuliner yang bermunculan selama setahun sekali yaitu kicak. Di kawasan Kauman Kelurahan Ngupasan Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini.

Setiap bulan puasa tiba, di kawasan tersebut ada pasar sore Ramadhan dan kamu bisa menemukan Kicak di pasar tersebut. Kicak merupakan makanan yang terbuat dari jadah ketan yang ditumbuk halus), gula, parutan kelapa, nangka, pandan dan vanili. Lalu kemudian, semua bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu dikukus.

Kicak memiliki rasa yang manis dan lembut apalagi jika ditambah dengan parutan kelapa yang menambah rasa kicak tersebut menjadi rasa asin dan gurih dengan aroma buah nangka dan pandan. Rasanya yang manis serta mengenyangkan maka tak heran makan ini sangat cocok untuk mengganti energi setelah seharian berpuasa menahan lapar dan dahaga.

Kicak memang sudah menjadi makanan khas Kauman selama Bulan Ramadhan. Selain memiliki rasa yang mantap, untuk harganya pun relatif terjangkau yaitu hanya Rp. 2.000 saja tiap bungkusnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.