Beberapa Alasan Kenapa Gunung Papandayan Sangat Cocok Untuk Pendaki Pemula

Selain pantai, gunung juga bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan berwisata. Hijaunya pepohonan serta dinginnya kabut dan megahnya puncak seakan memiliki daya tarik tersendiri. Gunung bukan hanya milik pendaki profesional, tapi juga untuk mereka yang ingin belajar mencintai alam. Nah, jika kamu baru pertama kali mendaki gunung maka ada baiknya memilih Gunung Papandayan sebagai salah satu spot mendaki. Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang lokasinya terletak di Garut dan memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Berikut ada beberapa alasan untuk kamu yang ingin mendaki untuk pertama kalinya dan memilih Gunung Papandayan sebagai spot pendakian, diantaranya adalah:

1. Medan Landai

Medan pendakian Gunung Papandayan termasuk memiliki medan yang landai sehingga para pendaki yang sedang berkemah di Pondok Salada bisa dengan mudah untuk mencapai pos pendakian dengan melalui medan yang landai. Dari Pos 1 Pendakian yaitu Camp David, kamu bisa sudah bisa melihat kawah gunung. Namun jika kamu tidak kebagian untuk berkemah di Pondok Selada maka kamu bisa berkemah di Gubber Hood yang lokasinya berada di bawah Pondok Salada.

2. Kemudahan Air

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk dikonsumsi atau keperluan lainnya. Nah, di Gunung Papandayan ini kamu akan dengan mudah mendapatkan air di Pos Pendakian Puncak Kawah, Pos Persimpangan Pondok Salada – Gubber Hood, dan di Pondok Salada. Air yang tersedia pun berasal langsung dari mata air pegunungan Gunung Papandayan. Dengan mudahnya air ditemukan maka para pendaki bisa mengisi air di titik – titik persediaan air bersih yang terus mengalir.

3. Toilet

Salah satu yang menjadi hambatan ketika naik gunung adalah urusan “Buang Air Besar”. Pendaki perlu mencari titik-titik di balik semak – semak yang tak pernah dilewati orang maupun menggali tanah saat “buang hajat”. Namun tak perlu khawatir saat mendaki Gunung Papandayan karena di sana sudah terdapat beberapa toilet yang bisa digunakan para pendaki untuk urusan menyelesaikan ‘panggilan alam.’

4. Tak Perlu Membawa Beban Berat

Ransel untuk mendaki gunung biasanya penuh dan terasa berat karena berisi air mineral berbotol – botol dan tenda.
Jika mendaki Gunung Papandayan, traveler tak perlu membawa beban berat dari air mineral. Air mineral bisa didapatkan di warung – warung yang terletak di atas gunung. Air mineral bisa didapatkan di warung – warung tersebut dengan harga mulai dari Rp 5 ribu – Rp 10 ribu.

5. Makan Tanpa Masak

Memasak biasanya menjadi salah satu hambatan pendaki pemula saat pertama kali naik gunung. Pastinya sudah disiapkan dari jauh – jauh hari  apa saja yang mau dibawa untuk perbekalan. Namun ketika mendaki Gunung Papandayan kamu tak perlu khawatir akan hal itu karena kamu bisa dengan mudah menyantap makanan – makanan yang sudah di sediakan di warung yang ada di atas gunung. Makanan yang disediakan pun beraneka macam mulai dari gorengan, mie instan, hingga nasi goreng.

Share this:

Leave a comment