Ingin Mendaki Gunung Merapi ? Perhatikan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Pendakian

Bagi Anda yang memiliki hobi hiking atau mendaki gunung, mungkin sudah tak asing lagi dengan Gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah tersebut. Ketika Anda memiliki rencana untuk mendaki Gunung Merapi maka tak ada salahnya jika melanjutkan pendakian menuju Gunung Merbabu dengan melewati Kecamatan Selo, Boyolali. Saat melakukan pendakian di Gunung Merapi, maka Anda akan melihat leher dan puncak Gunung Merapi dari Pos Pasar Bubrah. Gradasi warna bebatuan serta tanah yang berwarna hitam dan abu – abu akan terlihat jika cuaca sedang cerah.

Waktu terbaik untuk melakukan pendakian ke Gunung Merapi adalah Bulan Juli hingga September karena pada bulan tersebut cuacanya sedang cerah dan bagus untuk melakukan pendakian. Di malam hari bisa melihat gugusan bintang dan siang hingga sore hari bisa melihat matahari terbit dan terbenam dengan bersih. Biasanya cuaca cenderung turun hujan setelah bulan September tapi tergolong jarang.

Nah, selama bulan Juli sampai dengan bulan September ini lah hujan tak turun sama sekali, paling jalur pendakiannya saja yang kering dan berdebu. Gunung Merapi merupakan wilayah yang sudah termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Merapi karena keberadaannya yang memasuki wilayah iklim musim tropis dan biasanya dicirikan dengan intensitas yang cukup tinggi pada musim hujan (November hingga April) yang kemudian berganti dengan musim kemarau (bulan April hingga Oktober). Memiliki ketinggian mencapai  2.930 mdpl sehingga mendakinya bisa melewati jalur pendakian New Selo di Boyolali, Jawa Tengah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.