Langkah Mudah Membeli Tiket Kereta Api Secara Online

Tentu Anda sudah lama mendengar kabar jika pemesanan tiket sekarang ini dapat dilakukan dengan cara online. Ini dikarenakan, PT KAI ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna setianya. Anda dapat membayangkan, dahulu sebelum pemesanan tiket dapat dilakukan secara online, kita harus bersusah payah untuk datang ke stasiun, belum lagi kita harus antri hingga setengah jam jika sedang dalam musim liburan. Hal ini tentu saja akan menimbulkan rasa malas. Lantas, bagaimana membeli tiket kereta secara online ini?

Pertama, Anda dapat memesan tiket dengan menghubungi Call Center kereta api. Anda dapat menghubungi hingga 24 jam. Ini artinya, Anda sebagai seorang konsumen dapat melakukan pemesanan tiket kapan saja. Pemesanan per transaksi dilakukan oleh calon penumpang dengan 1 tiket maksimal 4 tempat duduk kereta api yang sama. Untuk penukaran pemesanan tiket, Anda dapat dilayani di loket stasiun atau pun pelayanan pemesanan tiket kereta api. Jika terjadi gangguan maupun kerusakan di sistem tiket, call center tidak akan bisa melayani pemesanan tiket.

Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta api dengan menghubungi call center kereta api. Di sana, petugas akan menanyakan kepada Anda sejumlah informasi seperti:

• Nama serta alamat calon penumpang. Untuk nama dan alamat ini harus Anda sesuaikan dengan KTP/SIM ataupun kartu identitas yang lainnya,
• Nama kereta api dan kelas kereta api yang Anda pesan,
• Tanggal beserta jam keberangkatan dari kereta api tersebut,
• Jumlah penumpang yang melakukan pemesanan tiket.

Setelah nantinya petugas sudah melakukan proses pemesanan, nantinya Anda akan mendapatkan SMS seputar informasi yang berhubungan dengan tiket kereta yang Anda pesan tadi. Informasi tersebut berisi kereta api yang Anda pesan beserta kode pemesanan, jumlah uang yang harus Anda bayarkan ke bank. Untuk jangka waktu proses pembayaran, Anda akan diberikan waktu 3 jam dari waktu pemesanan. Jika sudah lewat 3 jam, secara otomatis tiket pesanan Anda hangus. Jika Anda sudah berhasil membayar ke bank, nantinya secara otomatis, data akan di kirim ke PT KAI serta tiket akan bisa di cetak.

Bagaimana cara mengambil tiket? Setelah Anda selesai melakukan pembayaran pemesanan tiket, Anda dapat mengambil tiket kereta api di stasiun dengan menyerahkan struk pembayaran dan kode pemesanan Anda. Ketika pengambilan, semuanya harus Anda sertai dengan fotocopy data diri yang berlaku serta mengisi formulir identitas sesuai dengan jumlah orang yang akan berangkat.

Jika akan membatalkan pemesanan tiket kereta ini, bagaimana caranya? Bila Anda ingin melakukan pembatalan pemesanan tiket, hal ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan komputer tiket serta hanya dapat dilakukan di tempat seperti pusat pelayanan, dan stasiun yang tersedia tiket komputer. Pembatalan ini sampai dengan H-1 serta 3 jam sebelum berangkat.

Berikut hal yang harus Anda siapkan ketika ingin menggunakan modal transportasi kereta, antara lain:

• Merencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari. Ketika Anda ingin menggunakan transportasi seperti kereta, Anda harus merencanakannya dari jauh-jauh hari,
• Berangkat dengan waktu yang lebih awal. Walaupun di stasiun sudah terdapat alat pencetak tiket, akan lebih baik jika Anda sudah berada di stasiun kurang lebih 2 jam sebelum keberangkatan. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak di inginkan,
• Membawa barang dengan berat yang sesuai. Semua peralatan Anda lebih baik di siapkan di dalam 1 ataupun 2 atas yang mudah untuk di bawa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.