Lokasi – Lokasi Terbaik Untuk Melihat Sunrise di Kota Yogyakarta

Keindahan alam yang paling di cari oleh wisatawan ketika berkunjung ke suatu tempat wisata adalah melihat sunrise. Keindahan sunrise sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang untuk kamu yang ingin melakukan foto. Salah satu daerah yang menawarkan keindahan ini adalah Kota Jogja. Di Kota Pelajar itu terdapat beberapa spot menarik yang sangat cocok untuk melihat sunrise tersebut. Berikut beberapa tempat menarik yang ada di Kota Jogja dan menawarkan keindahan sunrise yang sangat mempesona. Diantaranya adalah:

1. Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan sebuah gunung berapi aktif 60 – 70 thun silam dan untuk saat ini dinyatakan sudah tidak aktif lagi. Gunung ini berbentuk bongkahan batu andesit raksasa yang membentang sekitar 800 meter dan memiliki ketinggian  300 meter. Lokasi gunung ini berada di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul dan  dapat ditempuh dengan waktu 1 hingga 1,5 jam. Panorama wisata di pegunungan Nglanggeran ini meliputi  sunset dan sunrise. Jika kamu ingin melihat sunrise maka kamu harus mendaki pada pukul 04.00 WIB, tujuannya agar mendapatkan spot terbaik untuk melihat semburat cahaya yang perlahan keluar dari ufuk timur.

2. Gunung Merapi
Selain adanya Merapi Lava Tour, gunung ini masih ramai didaki. Pemandangan matahari terbit dari puncaknya tetap menjadi primadona para pendaki. Kamu bisa mendaki Gunung Merapi dari dua jalur, yakni Selo (utara) dan Babadan (barat). Biar tidak ketinggalan momen matahari terbit, kamu lebih baik kamping.

3. Kebun Buah Mangunan
Obyek wisata lainnya yang menyuguhkan spot terbaik untuk melihat sunrise adalah Kebun Buah Mangunan yang berada di Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta dan memiliki luas sekitar  23,3415 hektar dan berada di ketinggian 150 hingga 200 meter di atas permukaan laut. Kebun Buah Mangunan menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona apalagi jika berada di gardu pandang yang berada di puncak bukit. Di gardu tersebut kamu bisa ersantai sambil melihat pemandangan dan aliran Sungai Oya yang meliuk – liuk. Selain menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona, di Kebun Buah Mangunan juga terdapat beberapa macam buah – buahan seperti mangga, rambutan, jambu air, jeruk, manggis, dan masih banyak lagi. Jika ingin melihat sunrise maka kamu bisa berkunjung ke kawasan ini sekitar pukul 05.00 WIB.

4. Pantai Sundak
Pantai Sundak merupakan sebuah pantai di pesisir selatan yang menawarkan keindahan alam yang yang sangat mempesona dan tak kalah indahnya dengan pantai lainnya. Pantai Sundak terletak di Desa Sidoarjo Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Sundak adalah pagi hari ketika matahari terbit.

5. Embung Tambakboyo
Embung Tambakboyo merupakan sebuah waduk yang memiliki fungsi utama sebagai tampungan air untuk keperluan irigasi. Namun masyarakat sekitar lebih mengenal Embung Tambakboyo sebagai salah satu alternatif untuk tempat wisata. Lokasinya yang berada sangat strategis yaitu berada di pinggiran kota membuat obyek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Embung Tambakboyo terletak di Condong Catur, Depok Kabupaten Sleman.  Disini kamu juga dapat melihat pemandangan sunrise dari waduk ini juga indah, apalagi saat cahaya matahari terpantul di permukaan air yang tenang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.