Martabak dengan Topping Delapan Rasa di Martabak Kota Barat

Salah satu ruas jalan yang sudah cukup terkenal di Kota Solo adalah Jalan Doktor Moewardi. Jalan ini terkenal dikarenakan terdapat banyak penjual makanan yang berdagang dari sore hari hingga malam hari. Kebanyakan orang mengenal kawasan kuliner tersebut dengan nama daerah Kota Barat bukan Jalan Doktor Moewardi. Alasan kawasan tersebut dikenal dengan nama  Kota Barat karena di kawasan tersebut terdapat sebuah lapangan yang bernama Lapangan Kota Barat. 

Kawasan tersebut sudah cukup terkenal karena sejak beberapa tahun lalu di sepanjang trotoar dari ujung hingga ke ujung jalan dipenuhi oleh para pedagang makanan yang menggunakan tenda. Para pedagang membuka tendanya masing – masing sejak pukul 17.00 WIB hingga tengah malam sekitar pukul 24.00 WIB. Bahkan ada sebagian dari pedagang tersebut, berjualan hingga sampai dini hari. Disana terdapat aneka kuliner  yang bisa kamu nikmati mulai dari burger, hotdog, martabak manis, Martabak Kota Barat atau biasa disebut Markobar, warung susu hingga warung es campur.

Selain makanan ringan, disana kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner berat seperti nasi kebuli, nasi liwet, sate kambing, nasi goreng, bakmi, aneka penyetan, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Di sebelah Selatan Hotel Agas dan disebelah Barat Mal Paragon terdapat kedai susu segar Shi Jack dan Martabak Delapan Rasa yaitu Markobar. Di kawasan ini memang selalu ramai oleh pembeli tak terkecuali para pelancong yang berasal dari luar Kota Solo.

Markobar merupakan usaha waralaba yang dimana pemiliknya adalah Arie Setyobudi. Pada tahun 2015, usahanya ini dikelola bersama dengan Gibran Rakabuming Raka yang merupakan salah satu anak dari Presiden Joko Widodo. Konsep Markobar yang dijajakan di kedai kaki lima kemudian diubah menjadi Markobar yang disajikan dalam outlet yang menyerupai kafe. Lokasinya berada di sebelah Barat Solo Grand Mall atau berjarak sekitar 200 meter dari Kota Barat menuju arah ke Selatan.

Markobar merupakan martabak manis solo yang terkenal dengan menu andalannya yaitu Martabak 8 rasa yaitu Cokelat, Oreo, Cadburry, Greentea, Chuncky Bar, dan Ovomaltine. Uniknya, martabak ini berbeda dengan martabak manis pada umumnya. Biasanya martabak manis setelah semua jadi lalu dilipat menjadi setengah lingkaran, jika Markobar dibiarkan dalam bentuk bulat dengan aneka topping. Penampilan martabak manis ini terinspirasi dari pizza yang terlihat lebih menarik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.