Kota di Indonesia Dengan Berbagai Makanan Khasnya

Kuliner khas Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi berasal dari Kepulauan Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 an memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah – rempah. Tak ada salahnya jika para wisatawan sangat menyukai aneka masakan Indonesia seperti nasi goreng, rendang, sate, dan lain sebagainya. Berbagai masakan khas Indonesia bisa kamu dinikmati di berbagai daerah yang dapat Anda kunjungi, karena setiap daerah menawarkan kuliner yang berbeda dan ciri khasnya masing – masing. Berikut ada beberapa kota yang menyuguhkan berbagai kuliner khas daerah nya masing – masing dan mampu menggoyang lidah siapa saja yang menikmatinya. Diantaranya adalah:

1. Kota Padang
Padang merupakan Ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat dan menjadi salah satu pintu paling barat Indonesia dari Samudera Hindia. Namun perlu Anda ketahui jika Padang memiliki spot wisata alam yang sangat mempesona. Tak hanya menyuguhkan pesona wisata alamnya saja namun Kota Padang juga menawarkan kuliner khas nya yang sangat lezat seperti salah satunya adalah Rendang. Rendang biasanya bisa Anda temukan di berbagai Rumah Makan Padang yang tersebar di Indonesia. Tak hanya rendang, namun masakan khas Padang lainnya yang bisa Anda nikmati adalah gulai ikan, gulai otak, dan ikan asam pandeh. Soal rasa tak perlu di ragukan lagi, karena masakan khas Padang memang juaranya dan menjadi favorit bagi siapa saja yang menikmatinya.

2. Medan
Medan merupakan kota populer yang ada di Sumatera dan merupakan Ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Medan juga menjadi pintu masuk bagi wisatawan mancanegara di Indonesia bagian barat. Hal tersebut terbukti karena lokasinya yang tak jauh dari Bandara Internasional Kuala Namu. Yang sangat terkenal dari Medan adalah Buah duriannya yang sangat nendang.  Maka tak heran jika saat ini berbagai macam kuliner berbahan dasar durian mulai muncul di pasaran seperti pancake, es krim, bika ambon, bolu, dan lain sebagainya. Namun jika Anda ingin menikmati pancake tak perlu jauh – jauh pergi ke Medan karena saat ini Anda juga bisa menemukan kuliner tersebut di berbagai pusat perbelanjaan.

3. Bandung
Nah, kota yang satu ini  sudah sangat terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya mulai dari obyek wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner semua ada di kota yang terkenal dengan julukan Kota Kembang ini. Jika Anda berlibur ke Bandung jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas dari kota ini salah satunya adalah bakso tahu goreng atau disingkat menjadi Batagor. ingin menikmati yang segar – segar? Maka Anda bisa menikmati berbagai minuman khas Kota Bandung seperti Bandrek, Bajigur, Es Goyobod, dan Es Cendol.

4. Yogyakarta
Sama halnya dengan Kota Bandung, Kota Pelajar ini juga terkenal dengan obyek wisata alamnya yang sangat mempesona. Namun jangan salah, kuliner khas Jogja pun sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia yaitu Gudeg Jogja. Gudeg menjadi salah satu kuliner Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung kesana.

5. Jakarta
Berbagai macam kuliner bisa Anda temui ketika berkunjung ke Kota Jakarta mulai dari pinggiran jalan hingga berbagai pedagang yang menjajakan dagangannya di plataran mal bisa Anda nikmati. Namun makanan khas Betawi yang tak boleh Anda lewatkan seperti ketoprak, nasi uduk, kerak telor, dan lain sebagainya. Tak hanya makanan khas Betawi saja, namun di Jakarta juga terdapat berbagai macam makanan Asia hingga Western.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.