Pemandangan Indah dari Situ Wanayasa

Purwakarta memang tak ada habisnya sebagai kota yang memiliki destinasi wisata menarik seperti wisata alam serta wisata taman. Di kota tersebut ada salah satu tempat penampungan air untuk daerah Purwakarta agar tidak terendam air saat musim hujan yaitu Situ Wanayasa. Kawasan wisata buatan ini dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat sekitar. Letaknya yang berada di bawah Gunung Tangkuban Perahu sehingga membutuhkan waktu hingga 40 menit untuk bisa sampai ke tempat wisata tersebut. Akses perjalanan nya pun bisa kamu tempuh melalui Jalan Kapten Halim dari arah Pasar Rebo.

Setibanya kamu di kawasan tersebut maka kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah dan mempesona, ditambah lagi pemandangan langsung dari Gunung Burangrang. Situ Wanayasa ini memiliki luas sekitar 7 hektar dan berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Hal unik pun bisa kamu jumpai di kawasan wisata ini yaitu pulau kecil yang dimana di pulau tersebut terdapat sebuah makam miliki RA. Suriawinata yang merupakan salah satu bupati Purwakarta yang memimpin daerah ini sekitar tahun 1827. Berada di ketinggian 600 meter membuat suasana di kawasan ini menjadi sejuk.

Untuk kamu yang sudah berkunjung ke kawasan ini tak hanya untuk menikmati wisata alam saja namun ingin berziarah ke makam Bupati Purwakarta ini maka kamu harus melewati sebuah jembatan yang bisa mengantarkan kamu menuju makam tersebut. Jembatan tersebut merupakan jembatan semi permanen yang menghubungkan wilayah daratan dengan pulau kecil yang dimana di pulau tersebut terdapat makam Bupati Purwakarta. Namun harus diperhatikan juga jika kamu ingin berziarah ke makam Bupati Purwakarta tersebut dengan menunjukkan perilaku dan penampilan yang sopan, karena jika berziarah tapi kamu nya justru berperilaku semaunya sendiri akan terlihat kurang etis.

Selain pemandangan indah yang di tawarkan di kawasan ini maka kamu juga bisa menggunakan perahu untuk berkeliling di sekitar danau. Udara yang sejuk bisa kamu rasakan di waktu pagi hari, bahkan tak sedikit wisatawan yang berkunjung melakukan aktivitas jogging dan berolahraga di sekitar danau. Danau ini juga menyediakan fasilitas memancing untuk kamu yang memiliki hobi memancing. Ikan yang dapat kamu pancing pun beragam jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Di Situ Wanayasa juga menyediakan gazebo yang dimana berfungsi sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga. Makanan khas daerah Purwakarta pun bisa kamu nikmati disekitar gazebo dan tentunya tarif nya pun cukup terjangkau. Jadi jangan heran jika kamu berkunjung kesini melihat banyak sekali wisatawan yang menikmati kuliner di kawasan wisata yang satu ini.

Selain berziarah, memancing, dan menikmati kuliner di kawasan ini juga terdapat agrowisata yang bisa kamu kunjungi sebagai wisata edukasi bagi buah hati Anda. Agrowisata tersebut berupa perkebunan teh, pala dan buah manggis. Melakukan kegiatan berkebun seperti memetik buah manggis langsung dari pohonnya bisa kamu lakukan di kawasan ini. Tak jauh dari tempat wisata ini, kamu juga bisa berkunjung ke pemandian air panas Curug Cipurut.

Konon rencananya tak lama lagi akan ada pembangunan air mancur di kawasan Situ Wanayasa ini. Air mancur tersebut diperkirakan memiliki konsep yang sama dengan di Taman Sri Baduga. Rencana pembangunan air mancur ini tentu saja dimaksudkan agar semakin menarik para wisatawan untuk berkunjung kesini. Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi warga sekitar dan tentunya juga untuk kabupaten Purwakarta.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.