Bedanya Lumpia Khas Semarang dengan Lumpia Khas Jogja

Lumpia merupakan makanan yang begitu populer dengan kelezatannya apalagi lumpia khas Semarang dengan berbagai isian seperti sayuran, daging ayam dan udang di balut dengan kulit yang renyah. Namun tak hanya di Semarang saja yang terkenal dengan Lumpia nya, di Yogyakarta pun kamu bisa menemukan lumpia yang rasanya tak kalah nikmat dengan Lumpia khas Semarang. Salah satu lumpia yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Lumpia Sami Jaya yang bisa kamu temukan di kawasan Jalan Malioboro dekat Hotel Mutiara.

Lumpia Sami Jaya berbeda dengan lumpia pada umumnya yang berisi rebung (tunas bambu), namun lumpia disini menggunakan bengkuang sebagai isiannya. Tak hanya bengkuang saja, namun juga ada yang berisi sayuran seperti tauge, wortel serta ayam. Selain di kawasan Malioboro, kamu juga bisa menemukan di tempat lainnya yaitu di Jalan Mataram No. 42, Kota Yogyakarta. Lapak lumpia yang sudah ada sejak 70 tahun tersebut, hanya menggunakan gerobak kecil namun pembelinya rela sabar menanti dan antri untuk mendapatkan lumpia spesial ini.

Sebenarnya lapak tersebut tak ada namanya hanya saja lokasinya yang berada persis di depan Toko Sami Jaya yang sudah melegenda maka orang – orang serig menyebutnya dengan Lumpia Sami Jaya. Selain rasanya yang spesial, cara penyajiannya pun spesial yaitu lumpia baru akan dibuat dn digoreng jika ada pembeli yang datang. Selain itu juga aa lumpia spesial yang dimana isiannya berupa telur puyuh.

Sebelum dijadikan isian lumpia, sayuran, daging ayam, dan telur puyuh dimasak dengan menggunakan bumbu – bumbu rempah agar menghasilkan cita rasa yang khas dan lezat. Kulit lumpia yang digunakan pun dibuat sendiri karena untuk menjaga kualitas rasanya. Sebelum di goreng, lumpia di bentuk terlebih dahulu dengan diberikan isian baru digoreng. Setelah matang baru lah disajikan dengan menambahkan acar, cabai lalap, dan topping yang terbuat dari bawang putih dan bengkuang yang dihaluskan sehingga menghasilkan rasa yang sangat khas.

Kulit lumpianya pun sangat crispy dan juga gurih. Salah  satu ciri khas dari Lumpia Sami Jaya adalah topping bawang putih dan bengkuang yang dihaluskan. Lumpia ini juga sangat cocok kamu jadikan sebagai oleh – oleh untuk keluarga tercita saat pulang. Jika ingin dijadikan sebagai oleh – oleh maka da baiknya jika lumpia tersebut di goreng terlebih dahulu setengah matang karena dapat bertahan hingga 24 jam. Baru lah sesampainya di rumah, kamu bisa menggorengnya kembali hingga matang.

Lumpia Sami Jaya dapat menghabiskan 700 hingga 800 biji dalam sehari, tapi jika hari libur tiba jumlah tersebut akan bertambah hingga dua kali lipat. Lumpia Sami Jaya akan membukan lapaknya dari pukul 09.30 hingga pukul 7 malam WIB setiap harinya. Soal harga kamu tak perlu khawatir, cukup merogoh ocek sebesar Rp. 3.500 saja jamu sudah bisa menikmati 1 biji lumpia dengan isian sayur dan Rp. 4 ribu untuk 1 biji lumpia spesial dengan isian telur puyuh. Jadi jika kamu berkunjung ke Yogyakarta sempatkan waktu untuk mencicipi lumpia Sami Jaya, lumpia khas Jogja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.