Menikmati Suasana Tenang dan Nyaman di Tlogo Putri Kaliurang

Di kaki Gunung Merapi terdapat sebuah tempat wisata alam yang nyaman, sejuk, dingin dan damai yaitu Tlogo Putri Kaliurang namanya. Berlatar belakang Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang lebat dengan embung berisikan kano dan bebek air yang siap dinaiki, begitu indah bukan? Tempat wisata ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan apalagi disaat liburan dan weekend tiba, karena suasana yang menenangkan membuat setiap pengunjung betah berada disini. Perpaduan yang ada antara wisata alam dan wisata air yang ada di Tlogo Putri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Tempa wisata ini dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Sleman dengan bekerja sama dengan masyarakat sekitar. 

Tlogo Putri merupakan salah satu tempat yang paling digemari oleh para wisatawan yang berkunjung kesana. Selain Tlogo Putri ada juga beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi seperti Pos Pengamatan Merapi, Museum Ullen Sentalu, Kaliurang Guest House, dan Museum Merapi. Dalam bahasa Jawa, Tlogo itu memiliki arti Danau. Namun Tlogo Putri tak seperti danau pada umumnya, yang dimaksud telaga disini adalah embung yang memiliki wahana air seperti bebek air dan kano. Meskipun hanya sebuah bendungan namun wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke daerah Jogja. Obyek wisata ini biasanya dikunjungi dari berbagai kalangan mulai dari anak – anak, dewasa hingga orangtua. Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang maka kamu bisa menelusuri jalan yang akan membawa kamu ke Kaliadem atau Kalikuning bahkan ke Watu Kemloso.

Apa yang berkesan di Tlogo Puteri?

Keren, tenang, menyegarkan dan nyaman. Meskipun bendungan tidak terlalu besar, masih terlihat cantik. Latar belakang pandangan Tlogo Putri adalah hutan lebat, orang-orang mengayuh kano dan wahana air. Pandangan ini mengingatkan kita dengan pandangan bukit di negara-negara Eropa. Menjelang sore, kabut turun menutupi ujung pohon di bukit dan hutan, sehingga membuat suasana lebih menyenangkan dan eksotis. Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan selama kamu berada di kawasan Tlogo Putri misalnya seperti jalan santai untuk menikmati udara segar, mencoba flying fox, jungkat – jungkit atau hanya sekedar mengambil gambar untuk mengabadikan momen selama kamu berada di kawasan Tlogo Putri. Disana juga terdapat banyak primata yang bergelantungan di pohon, monyet  monyet ini biasanya meminta makanan dari setiap pengunjung yang membawanya.

Nah jika kamu berjalan malam menelusuri hutan dengan melewati jalan setapak menuju ke dalam hutan maka kamu akan melihat pemandangan Gunung Merapi. Bila beruntung, kamu akan menjumpai seekor Elang Jawa yang mulai punah dan dilindungi oleh pemerintah. Jika kamu datang pada hari libur atau hari Minggu maka kamu akan menyaksikan pertunjukan seni yang ada di daerah Tlogo Putri seperti Jathilan (Kuda Menari), Msik Campursari, Kubro Siswo, Topeng Ireng, Orkestra Melayu dan Dangdut.

Bagaimana Akses menuju ke Tlogo Putri?

Tlogo Putri merupakan salah satu obyek wisata di Yogyakarta yang menjadi tujuan wisata ter-favorit di Yogyakarta dan aksesnya pun sangat mudah untuk dikunjungi. Nah, jika kamu membawa kendaraan pribadi maka kamu dapat mengambil Jalan Kaliurang hingga Tlogo Putri  dengan akses tempuh sekitar 1 jam namun jika kamu menggunakan transportasi umum maka kamu bisa mengambil rute Jogja hingga Kaliurang dan akan langsung membawa kamu langsung ke Tlogo Putri.

Apa saja Akomodasi dan Fasilitas yang ada di Tlogo Putri?

Fasilitas yang disediakan di sana pun terbilang cukup lengkap mulai dari taman bermain anak – anak, kolam renang, gazebo, toilet umum, hingga area parkir yang cukup luas. Jika merasa lelah maka kamu dapat beristirahat di warung jadah  Tempe Mbah Carik yang sudah lumayan terkenal di Kaliurang dan rasanya pun lezat. Kuliner lainnya yang bisa kamu nikmati di sana adalah Sate Kelinci yang ada di sekitaran wisata alam Tlogo Putri. Akomodasi penginapan pun juga ada di sana dengan harga yang cukup murah yang dimana harganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.