Enam Lokasi Wisata Kuliner di Surabaya yang Bikin Perut Kamu Kenyang

Surabaya merupakan kota pahlawan yang terkenal dengan istilah Arek – Arek Suroboyo. Kota ini menjadi salah satu saksi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan, dan kini Kota Surabaya menjadi kota metropolitan ke – 2 di Indonesia. Selain terkenal sebagai Kota Pahlawan, disana juga terkenal dengan kuliner khas nya yang beragam. Ada banyak tempat wisata kuliner di Surabaya yang tersebar di sejumlah tempat dan selalu di buru para penikmat kuliner Nusantara. Tak kalah dengan Kota Yogyakarta, Surabaya juga menyimpan sejumlah wisata kuliner yang unik.

Kota Surabaya seolah tak pernah tidur, dalam 24 jam selalu ada saja aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sekitar baik mereka yang bekerja dengan shift malam atau mereka yang sekedar jalan – jalan menghabiskan waktu santai hingga menikmati malam dengan makan. Ada beberapa tempat wisata kuliner di Surabaya yang populer. Populer tidaklah selalu berarti mewah dengan menu makanan yang serba mahal. Tetapi, lebih pada karakteristik yang khas dengan menu – menu yang unik. Nah, berikut ada beberapa menu makanan khas Surabaya yang wajib dicoba ketika sedang berkunjung ke Kota Surabaya.

1. Sate Klopo

Apa yang ada di benak kamu jika mendengar kuliner Sate Klopo? Potongan kelapa yang dibikin sate? Tentu bukan. Sate Klopo adalah salah satu makanan khas Kota Surabaya yang terbuat dari daging ayam satu daging sapi seperti pada umumnya. Hanya saja yang membedakan dari sate biasanya adalah taburan parutan kelapa (klopo) yang ada di permukaan dagingnya. Hal inilah yang akhirnya yang membuat sate berwarna kekuningan dan rasanya sangat gurih. Salah satu tempat kuliner Sate Klopo yang terkenal di Kota Surabaya adalah Warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang lokasi nya terletak di Jalan Walikota Mustajab No. 36. Surabaya. Warung sate klopo Ibu Asih ini buka mulai pukul 07.30 wib hingga 23.30 wib. Sebaiknya kalau mau mampir hindari waktu jam makan, karena di pastikan warung ini penuh sesak hingga banyak yang berdiri sampai di luar warung.

2. Nasi Goreng Jancuk

Untuk kamu yang pernah berkunjung ke Surabaya atau berdomisili di Surabaya tentunya sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini yaitu Nasi Goreng Jancuk. Nasi Goreng Jancuk merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang yang berhasil dipopulerkan oleh salah satu hotel besar berbintang lima. Rasanya yang enak dan nikmat membuat nasi goreng ini menjadi menu favorit di hotel tersebut tentunya dengan harga yang terjangkau pula. Resep untuk membuat Nasi Goreng Jancuk menggunakan cabai dalam jumlah banyak karena itulah Nasi Goreng Sederhana ini memiliki tingkat kepedasan yang luar biasa.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas dari Jawa Timur terutama Surabaya. Rujak Cingur biasanya disajikan dengan perpaduan buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang dicampuri yaitu nanas, bengkuang, kedondong, timun, dan kangkung atau bisa juga buah dan sayuran yang lainnya. Makanan ini sangat disukai oleh semua orang terutama orang Surabaya. Selain buah – buahan dan sayuran ada juga cingur dan lontong sebagai pelengkapnya yang kemudian disiram dengan bumbu kacang dan petis.

4. Mie Pecun

Kedai yang satu ini memang sangat unik dengan memberikan nama “Pecun” yang umumnya dikonotasikan sebagai hal yang negatif. Tapi jangan salah sangka dulu, pecun yang dimaksud merupakan singkatan dari Pedas Bebas Beracun. Menu yang disediakan di kedai mie yang satu ini sebenarnya adalah mie instan biasa yang tersedia dalam jenis mie rebus dan goreng. Kuliner ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan kuliner pedas. Ada berbagai macam tingkat kepedasan yang bisa kamu pilih yaitu mulai dari Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang) dan Paket Culun (tidak pedas).

5. Lontong Balap

Tempat wisata kuliner surabaya yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat wisata kuliner yang oleh pemiliknya di namakan Lontong Balap. Ketika kamu sedang berjalan – jalan di Jawa Timur tepatnya di Surabaya, anda akan menemukan sebuah makanan khas yang bernama Lontong Balap. Memang kedengaranya sedikit aneh, tapi soal rasa jangan ditanya. Makanan berbahan dasar lontong ini di olah dengan dipadukan bahan – bahan lain seperti tauge, tahu, singkong, kacang tolo dan dibalut dengan aneka bumbu rempah – rempah.

Tak ayal perpaduan tersebut menciptakan cita rasa yang selalu menggugah selera. Selama ini lontong balap Wonokromo adalah yang paling populer di Surabaya. Sebenarnya pada jaman dahulu penjual lontong balap ini didominasi dari wilayah Surabaya selatan yakni di Kutisari dan Kendangsari. Kedua kampung tersebut berjarak sekitar 5 Km dari Pasar Wonokromo. Karena masyarakat Surabaya mengenal Lontong Balap yang enak itu di Pasar Wonokromo akhirnya tempat tersebut melekat sehingga orang – orang menyebutnya “Lontong Balap Wonokromo”.

6. Rawon Kalkulator

Warung ini letaknya di Foodcourt Taman Bungkul. Konon nama kalkulator ditambahin karena kegesitan pelayan dalam menghitung pesanan yang harus dibayarkan. Andalan warung ini ada pada rawonnya berukuran besar dengan potongan daging yang empuk.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.