Lima Taman Kota di Jakarta yang Bisa Dijadikan Sebagai Lokasi Wisata Akhir Pekan

Liburan di Kota Jakarta tak melulu harus pergi menghabiskan uang ke mall atau restaurant mahal. Namun masih banyak tempat di Jakarta yang yang menawarkan liburan menarik dan pastinya tidak membuat kantong kamu jebol. Tempat liburan yang murah bahkan gratis masih tersedia di Jakarta mulai dari kebun binatang, taman hingga museum bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan alternatif tempat liburan yang menyenangkan. Nah, untuk kamu yang liburan di Jakarta saja dan ingin merefresh pikiran maka tak ada salahnya mencari tempat refreshing yang menyenangkan misalnya taman.  Selain menyegarkan mata gara – gara bisa ngeliat yang hijau – hijau, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara Jakarta. Berikut ada lima taman kota di Jakarta yang bisa untuk kamu kunjungi, diantaranya adalah:

1. Taman Ayodya

Taman Ayodya berdiri di lahan seluas 7.500 meter persegi di sebuah lahan bekas pertokoan bunga dan pasar ikan hias. Di tengah taman tersebut terdapat sebuah danau seluas 1.500 meter persegi. Lokasi nya berada di Jalan Barito, Keramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di taman Ayodya  juga banyak kita temui juru foto yang berkeliling dan menawarkan jasa foto instan kepada pengunung taman.  Kalau mau jajan dan makan – makan di taman tampaknya agak sulit, karena para pedagang kaki lima ditempatkan dilokasi khusus dengan maksud agar tidak menganggu warga yang sedang berolahraga atau bersantai di taman.

2. Taman Menteng

Taman Menteng begitulah namanya, suatu taman kota yang berada di wilayah Menteng, Jakarta Pusat. Dulunya area taman ini merupakan Stadion Persija. Kemudian Stadion tersebut dibongkar untuk dijadikan taman.Taman ini diresmikan oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo pada 28 April 2007. Taman ini memiliki luas 2.5 hektar. Bagi warga Jakarta sekitaran Menteng, Kuningan dll, keberadaan taman ini memberikan manfaat yang berarti. Setiap pagi dan sore terutama di hari libur, taman ini akan dipenuhi oleh para keluarga, para pemuda, anak-anak remaja, bahkan beberapa warga negara asing yang menikmati pagi atau sore harinya dengan jalan-jalan atau berolahraga di taman ini. Bangunan yang mencolok dari taman ini adalah dua buah rumah kaca yang berbentuk piramid. Rumah kaca ini difungsikan semacam function hall. Jadi bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti pameran, dll.

3. Taman Suropati

Terletak di Barat Laut Taman Menteng terdapat taman yang tak kalah terkenalnya: Taman Suropati. Rekomendasi saya, kalau ingin ke taman ini sore hari, terutama menjelang senja. Di sini, udaranya lumayan segar mengingat banyak pohon rimbun. Oh ya, di taman yang terletak depan Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta ini terdapat banyak patung karya seniman ASEAN. Jika berkunjung ke malam hari, khususnya weekend, bakal disuguhkan aksi seniman jalanan. Yang menarik ada semacam pertunjukan band indie/lokal, yang disertai parade biola dengan suara yang aduhai. Di sini terdapat hamparan bunga yang sangat eksotis, terutama sore hari dengan air mancur yang menambah kesejukan layaknya bukan sedang berada di Jakarta. Lokasi: Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat Akses: Dekat Stasiun Cikini dan Bundaran Hotel Indonesia

4. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng merupakan salah satu tempat bersejarah di pusat Kota Jakarta. Area ini dikenal sebagai salah satu ikon destinasi wisata heritage Jakarta yang cukup dikenal oleh masyarakat Jakarta. Saat ini Lapangan Banteng memiliki sebuah ikon berupa patung yang berdiri tegak di tengah – tengah area lokasi. Patung ini dikenal dengan sebutan patung Pembebasan Irian Barat. Tanaman di taman kota ini ditata dengan rapi, sehingga cocok banget buat kita yang pengen refreshing dari penatnya kota Jakarta.

5. Taman Cattleya

Taman Cattleya merupakan salah satu Taman yang ada diwilayah Jakarta Barat tepatnya di perempatan Tomang – menuju Tol Kebon Jeruk. Taman ini memiliki luas sekitar tiga hektare yang ditumbuhi beragam jenis tanaman, pohon, bunga dan juga sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum. Taman Cattleya atau biasa disebut Taman Tomang ini sering dijadikan tempat berkumpulnya anak-anak muda jakarta dikala libur atau sekedar menikmati waktu bersantai ditaman. Tak hanya itu saja taman ini juga dijadikan tempat berolahraga oleh warga sekitar karena banyak fasilitas kesehatan dan kebugaran yang diberikan secara gratis ditaman ini. Tak perlu membayar untuk masuk ketaman ini, hanya saja kamu harus tetap menjaga kebersihan taman. Banyak event yang diadakan ditaman ini mengingat rimbunya pepohonan dan cuku luasnya kawasan taman ini membuat banyak pihak memanfaatkan tempat ini untuk berkumpul.

Share this:

Leave a comment