Inilah Lima Menu Sarapan Selain Nasi Goreng dan Bubur

Menu sarapan saat di pagi hari tak hanya sebatas nasi goreng dan bubur ayam saja, namun ada juga beberapa menu yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan yang bisa kamu temukan di berbagai daerah dan pastinya menggugah selera. Berbagai macam menu sarapan yang tidak terhitung jumlahnya. Berikut ada beberapa menu sarapan dari berbagai daerah yang bisa kamu nikmati.

1. Nasi Pecel

Nasi Pecel merupakan olahan makanan yang berasal dari beberapa jenis sayuran yang direbus terlebih dahulu kemudian ditambahkan dengan sambal kacang. Sambal kacang yang lezat terbuat dari biji kacang yang di goreng kemudian di uleg (di haluskan) bersama dengan bawang putih, kencur, asam jawa dan bumbu lainnya. Rasa bumbu kacang yang gurih, asin, manis dan pedas membuatnya terasa sangat pas jika dicampur dengan aneka macam sayuran. Kuliner ini bisa kamu jadi kan sebagai menu sarapan kamu di pagi hari apalagi jika memakannya ditemani dengan nasi putih hangat serta dilengkapi dengan berbagai menu pelengkapnya seperti peyek, tahu atau tempe bacem, mie goreng, dan telor.

2. Bubur Lemu

Bubur Lemu merupakan salah satu kuliner favorit bagi masyarakat Klaten yang bisa dijumpai setiap pagi untuk menu sarapan. Bubur Lemu merupakan bubur gurih yang terbuat dari beras asli bukan tepung beras dan dimakannya pun menggunakan opor ayam. telur, sambal goreng krecek atau dengan sambal tumpang. Rasanya enak dan gurih karena dimasak dengan santan kental dan sangat cocok digunakan untuk sarapan pagi yang mengenyangkan. Cara penyajian nya pun masih cukup tradisional yaitu dengan menggunakan daun pisang yang dijadikan sebagai alas pincuk sehingga menghasilkan aroma yang khas.

3. Nasi Gudeg

Rasanya sudah tak asing lagi ketika mendengar Nasi Gudeg, yaitu kuliner khas Yogyakarta yang sudah sangat melegenda. Masakan khas Jawa yang satu ini memang salah satu hidangan nasi paling populer di Indonesia. Rasa manis gurih yang dominan menjadi ciri khas dari menu yang satu ini. Gudeg sendiri merupakan hasil olahan nangka yang dimasak selama berjam – jam bersama santan. Ketika sudah matang sangat nikmat disajikan bersama nasi, ayam, telur, tahu, krecek, dan sambal.

4. Nasi Brongkos

Sudah pernah mendengar kuliner yang satu ini sebelumnya? Nasi Brongkos merupakan kuliner yang berasal dari Demak, Jawa Tengah. Makanan khas Jawa Tengah memang memang bervariasi baik rasa maupun namanya. Oleh karena itu jangan kaget dengan Nasi Brongkos ini. Kalau kamu ingin merasakan nikmatnya Nasi Brongkos ini, maka kamu bisa berkunjung ke Demak. Disana kamu akan dengan mudah menemukan para penjual Nasi Brongkos di berbagai kota. Bahan membuat Nasi Brongkos adalah buah kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, minyak goreng, Garam. Sedangkan bumbunya terbuat dari nangka muda, bawang putih, bawang merah, asam jawa, gula.

5. Nasi Soto

Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto, hanya saja kadang penyebutannya berbeda walaupun maknanya sama. Ada yang menyebut sauto, taoto, atau coto. Sarapan berupa semangkuk hidangan berkuah biasanya diisi dengan taoge atau kecambah, soun, telur rebus suwiran daging ayam atau irisan daging sapi yang ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri untuk menemani sepiring nasi putih hangat.

 

Share this:

Leave a comment