Lima Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba Ketika Sedang Berlibur Disana

Kota Semarang sebagai salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan terkenal dengan berbagai wisata alamnya serta wisata sejarah yang sudah terkenal. Namun tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi makanan khas dari kota tersebut. Selain bisa makan langsung di tempat, kamu juga bisa membawa pulang makanan khas tersebut untuk dijadikan sebagai oleh – oleh khas Semarang. Berikut ada beberapa kuliner khas Semarang yang bisa kamu nikmati. Diantaranya  adalah:

1. Lumpia Khas Semarang
Masyarakat Indonesia pastinya sudah tak asing lagi dengan makan khas Semarang yang satu ini yaitu Lumpia. Lumpia merupakan kudapan yang terbuat dari rebung dan dibungkus dengan lembaran tepung. Tak hanya rebung saja yang menjadi bahan isian, namun ada juga daging ayam atau daging sapi yang dicincang kecil – kecil. Biasanya lumpia dihidangkan dengan digoreng terlebih dulu atau bisa juga tanpa digoreng lebih dulu dan dapat bertahan hanya 1 hari saja.

2. Wingko Babat
Wingko Babat juga merupakan salah satu makanan khas Semarang yang banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Kota Semarang. Kudapan ini terbuat dari bahan kelapa dan beras ketan dengan berbagai macam rasa seperti durian, cokelat, nangka, pandan, dan masih banyak lagi. Jika ingin mencari makanan khas Semarang yang satu ini maka kamu bisa mengunjungi Pusat Oleh – Oleh yang berada di Jalan Pandanaran, Stasiun Tawang, Stasiun Poncol atau di Jalan Cendrawasih No. 14.

3. Bandeng Presto
Selain Lumpia, makanan khas Semarang lainnya yang sangat  terkenal adalah Bandeng Presto.  Bandeng Presto banyak juga dicari oleh wisatawan ketika sedang berkunjung ke Kota Semarang. Bandeng Presto merupakan kuliner dari bahan utamanya adalah ikan bandeng yang dicampur dengan bumbu khas. Setelah itu ikan bandeng tersebut dimasak dengan menggunakan presto hingga duri nya lunak. Tak hanya bandeng presto saja, namun biasanya tempat penjualan bandeng presto menjual juga berbagai olahan ikan lainnya seperti pepes, otak – otak, panggang hingga kremes. Kuliner yang satu ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama jika disimpan di dalam lemari pendingin. Kamu bisa memperoleh Bandeng Presto di sepanjang Jalan Pandanaran – Semarang.

4. Ganjel Rel
Ganjel Rel merupakan roti yang sangat khas dari Kota Semarang yang memiliki warna cokelat pada teksturnya. Roti ganjel rel ini menjadi kue yang jarang dikenal apabila dibandingkan dengan jenis roti lainnya sebab roti ini memiliki tekstur yang tidaklah lembut jadi sedikit alot untuk di konsumsi. Roti ganjel rel ini memiliki bentuk kotak dan berwarna cokelat dengan taburan wijen diatasnya. Rasanya pun sangat nikmat karena dalam pengolahannya menggunakan cengkih, gula aren, kayu manis, dan kembang lawang. Untuk mendapatkannya maka kamu bisa mengunjungi Toto roti HOO Jl. KH. Wahid Hasyim. Pusat oleh – oleh Bandeng Juwana, Toko oleh – oleh Briliant, Toko dryana, Toko Roti Canadia dan Kampoeng Semarang.

5. Wedang Tahu
Di Semarang minuman yang satu ini sudah tak asing lagi yaitu Wedang Tahu. Wedang Tahu ternyata bukan terbuat dari tahu melainkan dari sari kedelai yang mengandung antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu berbagai penyakit dan penuaan dini. Minuman ini juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan dapat diperoleh di sekitar toko Roti Swiss di Kota Semarang.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.