Bali Tidak Hanya Terkenal Obyek Wisatanya Saja Namun Juga Wisata Kulinernya

Pulau Bali tak hanya terkenal dengan obyek wisata alamnya saja yang sangat memukau namun juga wisata kulinernya pun sudah terkenal dan memiliki banyak penggemar makanan khas Bali tersebut. Maka tak heran jika di Indonesia terdapat banyak sekali restoran atau rumah makan yang menyajikan hidangan khas Bali seperti salah satunya adalah Yogykarta. Di kota Pelajar ini ada banyak rumah makan yang menyajikan berbagai menu – menu khas Bali dan satu diantaranya adalah Rumah Makan Ikan Bakar Slengseng. Lokasi nya berada di Jalan Babaran No. 28, Kelurahan Pandea, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Rumah Makan Ikan Bakar Slengseng terbilang cukup baru, pasalnya rumah makan tersebut baru saja buka pada tanggal 1 September 2016 kemarin. Meskipun terbilang baru, rasanya sayang sekali jika sampai dilewatkan. Pemilik rumah makan ini bernama I Gede Astika Jaya, sehingga cita rasa khas Bali benar – benar terasa dalam hidangan tersebut. Menu andalan dari rumah makan ini adalah ikan bakar slengseng dan sup ikan. Untuk kamu yang belum tahu apa itu slengseng, slengseng merupakan ikan laut yang memiliki bentuk hampir mirip dengan ikan kembung. Di rumah makan ini, slengseng diolah dengan menggunakan bumbu – bumbu khas Bali sehingga menghasilkan citarasa yang berbeda dengan rumah makan pada umumnya. Biasanya ikan bakar diolesi bumbu pada bagian luarnya namun tidak dengan rumah makan ini, bumbu – bumbu yang sudah diracik dimasukkan ke dalam tubuh ikan.

Bumbu yang digunakan pun beragam seperti cabai, bawang merah, bawang putih, air perasan jeruk serta beberapa tambahan bumbu lainnya yang dihaluskan. Setelah bumbu – bumbu tersebut dihaluskan barulah bumbu tersebut dimasukkan ke dalam daging ikan slengseng yang sudah dibersihkan. Dalam tahap pembakaran menggunakan serabut kelapa tujuannya agar menghasilkan citarasa yang sangat khas dan nikmat. Selain itu juga agar bumbu yang digunakan dapat meresap sampai ke dalam secara keseluruhan. Agar rasanya lebih nikmat maka Ikan Bakar Slengseng sangat pas dinikmati dengan sambal matah khas  Bali.

Selain ikan  bakar, menu lainnya adalah sup ikan yang olahannya menggunakan ikan mai – mai dan ikan tuna. Alasannya menggunakan kedua ikan tersebut karena keduanya dapat menghasilkan rasa yang pas jika dimasak dengan menggunakan kuah sup yang bening dan kaya akan bumbu rempah. Rasa rempah yang sangat lezat dan pas akan terasa saat menikmati menu yang satu ini. Menu – menu lainnya yang disediakan di rumah makan ini adalah Ayam Betutu, Sate Lilit, Nasi Campur, dan berbagai menu lainnya yang bisa kamu pilih ketika berkunjung ke rumah makan ini. Setiap harinya rumah makan ini buka mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 8 malam. Adapun harga – harga yang dipatok cukup bersahabat di kantong seperti nasi campur yang dipatok sebesar Rp. 15 ribu per porsinya dan Rp. 22 ribu untuk menu ikan bakar slengseng. Rumah makan tersebut pun menyediakan menu paket dengan harga Rp. 35 ribu yang berisi nasi, sup, ikan bakar dan sambal matah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.