Lima Destinasi Wisata Baru di Bali yang Keindahannya Wajib di Eksplore

Siapa bilang wisata di Pulau Bali hanya seputar Pantai Kuta dan Tanah Lot saja, namun nyatanya pulau yang sudah terkenal hingga ke mancanegara ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Bali tak pernah luput dari mata internasional sebagai salah satu tujuan wisata paling favorit di Indonesia. Jadi wajar saja kalau setiap musim liburan tiba, pulau ini tak pernah lenggang dari wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Bali akan menuju destinasi wisata bahari seperti Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan. Namun tahukah kamu, jika di Pulau Bali masih banyak obyek wisata tersembunyi dan tidak begitu banyak diketahui orang. Nah, daripada penasaran mending simak ulasan berikut ini yuk!  

1. Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl Bali bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Bali. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan suasana ketenangan dan damai karena lokasinya yang berada jauh dari keramaian. Meskipun tempat ini terbilang masih baru namun pantai ini memiliki keindahan alam yang mempesona dan tak kalah indahnya dengan pantai – pantai lainnya di Bali. Hamparan pasir putih yang dibalut dengan air laut yang jernih berwarna kehijauan sehingga dapat menenangkan pikiran kamu selama berada di kawasan ini. Tumpukan batu karang yang berada di sekitar pantai menjadi nilai tambah tersendiri untuk pantai yang bernuansa private beach ini.

Disarankan jika ingin berkunjung ke pantai ini untuk membawa bekal makanan dan minuman karena disana tidak terdapat penjual makanan atau minuman. Keunikan dari pantai ini yaitu terdapat beberapa goa yang lokasinya tidak jauh dari lokasi pantai. Goa tersebut biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat untuk melakukan ritual, dan sisi goa lainnya dijadikan sebagai tempat untuk tinggal kelelawar. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan selama berada di kawasan pantai seperti bermain pasir atau bersantai – santai di pinggir pantai. Bagi kamu yang menyukai aktivitas selancar maka bisa melakukan kegiatan tersebut di pantai ini mengingat ombak di Pantai Green Bowl yang sangat cocok untuk berselancar.

2. Hidden Canyon Beji Guwang 

Untuk kamu yang menginginkan suasana yang berbeda maka bisa berkunjung ke Beji Guwang atau Hidden Canyon. Beji Guwang ini merupakan destinasi wisata di Bali yang berupa sungai dengan dinding batu yang sangat indah. Dinding – dinding batu tersebut terbentuk dari kikisan air sungai selama ratusan ribu tahun sehingga tercipta sebuah karya agung yang membuat wisatawan ketika berkunjung ke lokasi tersebut berdecak kagum. Selain dinding – dinding batu, ada juga gugusan bebatuan dengan air yang jernih dan bisa digunakan untuk berenang.  Lokasinya yang jauh dari keramaian sehingga sangat cocok untuk kamu yang menginginkan liburan dengan suasana tenang. Beji Guwang ini berada di Desa Guwang dan bersebelahan dengan Sukawati yang cukup terkenal dengan pusat cindramata khas Bali. Untuk menuju ke Beji Guwang ini membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit ke arah timur dari Denpasar.

3. Kemenuh Butterfly Park

Kemenuh Butterfly Park merupakan taman konservasi berbagai jenis kupu – kupu yang dikembangkan untuk aktraksi wisata di Desa Kemenuh Gianyar. Dengan mengunjungi Kemenuh Butterfly Park kamu bisa menyaksikan keelokan dan keindahan dari warna – warni kupu – kupu yang terbang mencari dahan tumbuhan. Taman kupu – kupu yang satu – satunya ada di gianyar berlokasi sangat stategis yaitu di Desa Kemenuh kecamatan sukawati-Gianyar. Terletak di Tengah pulau Bali sehingga sangat mudah dan dekat dari objek daya tarik wisata yang lain, seperti pasar sukawati anda hanya menuju ke utara sekitar 10 menit. Jika dari Ubud anda bisa melewati jalur desa Mas sampai ketemu patung bayi langsung lurus ke timur kemenuh butterfly park ada di sebelah kanan jalan raya dengan property bangunan ilalang. Berada di daerah yang tropis kemenuh butterly park sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga untuk lebih dekat mengetahui binatang cantik kupu – kupu.

4. Air Terjun Tibumana

Jangan heran dengan Pulau Bali yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan memiliki daya tarik tersendiri. Tak melulu harus pantai yang menjadi tujuan wisata ketika berkunjung ke Bali. Namun tahukah kamu jika di Bali juga terdapat destinasi wisata berupa air terjun? Untuk melihat keindahan air terjun ini kamu bisa berkunjung ke Banjar Bangun Lemah Kawan di Desa Apuan Kecamatan Susut, Bangli, Bali. Disana terdapat sebuah air terjun yang sangat mempesona yaitu Tibumana Waterfall. Suasananya yang masih alami dan sejuk membuat siapa saja betah berlama – lama di lokasi wisata ini.

Air Terjun Tibumana memiliki keunikan tersendiri dari air terjun lainnya yaitu terdapat dua air terjun yang mengalir secara berdampingan. Biasanya orang menyebutnya air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Kembar, karena jika dilihat dari aliran airnya memang sangat mirip. Namun dari salah satu aliran air terjunnya ada yang berhenti mengalir. Saat musim hujan tiba debit air terjun akan mengalir lebih deras. Di sekitar Air Terjun Tibumana kamu bisa melihat banyak pepohonan hijau yang tumbuh subur dan menempel pada dinding – dinding tebing. Selain itu juga terdapat goa yang berada di belakang air terjun, warga sekitar mempercayai jika goa tersebut merupakan jalan pintas menuju Pura Goa Raja Besakih.

5. Air Terjun Kanto Lampo

Di Kabupaten Gianyar juga memiliki objek wisata yang unik dan tergolong objek wisata baru yakni air terjun Kanto Lampo. Objek wisata baru ini menambah daftar panjang deretan destinasi wisata yang unik di kabupaten Gianyar. Air terjun ini bernama Kanto Lampo karena di sini terdapat banyak pohon Kanto Lampo. Jadi, untuk memudahkan mengingat nama lokasi ini maka diberi nama sesuai dengan nama pohon tersebut tumbuh. Keindahan dan pesona Air Tejun Kanto Lampo ini menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun Kanto Lampo ini tergolong unik karena airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun ini agak miring dengan ketinggian kurang lebih 25 meter.

Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Airnya yang masih jernih dan bersih, sehingga objek wisata air terjun ini dimanfaatkan untuk mandi oleh pengunjung ataupun warga setempat. Mereka rela basah – basahan untuk menikmati indahnya air terjun ini. Meski tergolong obyek wisata alam baru, sudah banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Ada yang sekadar mengambil latar air terjun untuk berfoto atau basah – basahan dengan berenang dan merasakan kesegaran airnya. Apalagi didukung dengan suasana di sekitar air terjun masih asri dan sejuk yang dikelilingi hutan alami.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.