Lima Bubur khas Indonesia yang Pas Dijadikan Sebagai Menu Sarapan

Biasanya kebanyakan orang memilih roti sebagai menu sarapan di pagi hari karena dinilai lebih praktis. Namun tahukah kamu jika roti bukan termasuk menu sarapan yang baik karena mengandung gula dan cukup sulit untuk dicerna. Jika ingin mengkonsumsi makanan yang sehat dan lezat saat pagi hari, maka tak ada salahnya memilih bubur sebagai menu sarapan kamu di pagi hari. Nah, berbicara kuliner yang satu ini ternyata di Indonesia bisa kamu temukan banyak jenis bubur yang bisa dikonsumsi. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bubur Bassang

Bubur Bassang merupakan salah satu bubur khas Makassar, Sulawesi Selatan yang terbuat dari jagung bassang atau dikenal dengan jagung pulut ( jagung khas Sulawesi yang berwarna putih dan sifatnya pulut seperti ketan) dan santan. Bubur Bassang original biasanya hanya di makan dengan taburan gula pasir dan paling nikmat dihidangkan dalam keadaan masih panas.

2. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun terdiri dari ragam jenis bubur manis seperti bubur sumsum, candil hingga bubur ketan hitam. Bubur yang satu ini bisa kamu temukan di daerah Minangkabau dan sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Karena isiannya yang banyak, pembuatan bubur kampiun terbilang rumit. Kabarnya penjual harus memasak semua isian bubur dalam waktu bersamaan. Menjamin cita rasa semua bubur enakpun tentu diperlukan keahlian khusus.

3. Bubur Manggul

Bubur Manggul merupakan bubur tradisional khas Madura yang hampir mirip dengan bubur sumsum. Namun bedanya, Bubur Manggul ini dipadukan dengan topping gurih berupa serundeng kelapa dan sambal goreng udang. Dinamakan dengan ‘Manggul’ konon para penjual dahulu menggunakan gerobak yang dipanggul. Berbeda dengan bubur nasi, bubur manggul terbuat dari tepung beras. Tepung beras yang dicampurkan dengan santan, daun salam dan garam dimasak hingga agak kental. Beberapa orang juga sering menambahkan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, kencur, ketumbar, kemiri dan daun jeruk.

4. Bubur Ase

Dikenal sebagai bubur khas Betawi dan memiliki tampilan yang berbeda dari bubur ayam lainnya. Bubur Ase ini tergolong unik karena dibuat dengan mengkombinasikan tiga jenis makanan. Bubur yang dibuat dari nasi yang dilumatkan bertekstur mirip nasi tim diberi pelengkap kuah semur yang terdiri dari potongan daging sapi dan kentang yang berwarna cokelat gelap. Gurih manisnya semur makin enak berpadu dengan topping seperti teri jengki atau teri Medan, kacang tanah goreng, irisan daun kucai dan bawang goreng. Perpaduan rasa gurih dan manis sedap ditambahkan dengan sambal cabai merah dan juga emping renyah.

 

5. Bubur Sumsum

Bubur Sumsum merupakan bubur yang berasal dari Jawa dan memiliki warna putih bersih. Gurihnya bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras dan santan, dengan di padukan legitnya saus gula merah yang kental dan harum pandan, siapa yang berani menolaknya? Bubur sumsum biasanya disajikan dengan kuah santan, gula merah, biji salak dan ketan hitam.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.